Pilkada Kota Serang 2018: Paslon Siap Turunkan Jurkam Andalan Pada Kampanye Akbar

TIM pemenangan masing-masing paslon Pilkada Kota Serang saat menunjukan tanggal pelaksanaan rapat umum Pilkada Kota Serang di Kantor KPU Kota Serang, Selasa (10/4/2018).*

SERANG, (KB).- Pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang pada Pilkada Kota Serang 2018, masing-masing sudah siap menurunkan juru kampanye (jurkam) andalan pada kampanye akbar. Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang nomor urut 1 Vera Nurlaela-Nurhasan dan paslon nomor urut 3 Syafrudin-Subadri Usuludin sudah menyiapkan jurkam tokoh partai politik (parpol) tingkat pusat. Berbeda dengan mereka, paslon nomor urut 2 Samsul Hidayat-Rohman berencana memilih untuk menurunkan jurkam tokoh masyarakat.

Ketua tim pemenangan Syafrudin-Subadri, Iyos Rosadi mengatakan, tidak hanya jurkam tokoh paslon, pihaknya juga berencana menurunkan legislator kalangan artis seperti Eko Patrio dan Desy Ratnasari. “Kemungkinan akan turunkan anggota DPR RI yang kebetulan artis, Eko Patrio dan Desy Ratnasari,” katanya saat pengundian jadwal rapat umum paslon Pilkada Kota Serang di Kantor KPU Kota Serang, Selasa (10/4/2018).

Selain tokoh pusat, jurkam juga akan melibatkan tokoh parpol tingkat lokal. Namun, pihaknya belum dapat memastikan siapa saja nama tokoh parpol pusat dan lokal tersebut. “Cuma baru perencanaan kita siapkan dari pusat, dari empat parpol pengusung dari PAN, PKS, Hanura dan PPP. Minggu ingin pastikan,” katanya.

Tim pemenangan Vera-Nurhasan, Ichwan Subhi juga mengatakan, pihaknya akan menurunkan tokoh parpol tingkat pusat untuk menjadi jurkam. Tokoh yang hadir diupayakan mewakili seluruh parpol pendukung. “Menggandeng tokoh parpol, kita akan mengakomodir koalisi,” ujarnya.

Dalam waktu dekat ia akan mematangkan nama-nama jurkam dengan parpol pendukung. Setiap parpol akan diminta nama yang akan hadir. “Kita akan bahas, kan masih lama, tentu harus dibahas dengan parpol pendukung. Termasuk tim kampanye siapa saja dari kota sampai pusat. Kita engga tahu kan belum bertemu dengan parpol koalisi,” katanya.

Sekretaris tim pemenangan Samsul-Rohman, Alit Mahesa Ramdani mengatakan, Samsul-Rohman akan lebih memilih tokoh masyarakat untuk menjadi jurkam. Mengingat paslon ini merupakan paslon jalur perseorangan. “Kami masih menilik karena memang banyak organisasi masyarakat yang menawarkan,” katanya.

Ia juga akan mematangkan siapa saja jurkam dalam rapat dengan tim pemenangan. Saat ini ia belum dapat menentukan karena belum rapat bersama. “Untuk jurkam kota akan komunikasi dengan paslon nanti keputusannya akan disampaikan ke KPU. Sementara kita mempertimbangkan terkait pelaksanaan kampanye akbar, kalau memang aman kita akan gunakan,” tuturnya.

Sementara itu, anggota Panwaslu Kota Serang, Makmun Murod mengatakan, panwaslu akan mengerahkan seluruh panwaslu di Kota Serang untuk mengawasi rapat umum Pilkada Kota Serang. “Karena memang rapat umum melibatkan orang banyak maka semua akan kami kerahkan. Mudah-mudahan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan yang terjadi. Tata tertib mohon diikuti,” katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Serang, M Hopip mengatakan, tim pemenangan paslon telah mempunyai jadwal rapat umum masing-masing, yakni Samsul-Rohman pada 02 Mei 2018, Syafrudin-Subadri pada 07 Mei 2018 dan Vera-Nurhasan pada 09 Mei 2018. Rapat umum dilakukan mulai pukul 14.00 WIB sampai 18.00 WIB. “Maksimal yang dapat hadir 10 ribu orang,” ucap Hopip. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here