Senin, 22 Oktober 2018

Pilkada Kota Serang 2018: Debat Calon Wali Kota Diundur

SERANG, (KB).- Debat Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang rencananya digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Serang diundur. Sedianya debat kandidat Pilkada Kota Serang putaran pertama dilaksanakan Jumat (27/4/2018) malam, namun, karena proses lelang event organizer (EO) yang dilakukan di Unit Layanan Pengadaan (ULP) di KPU Provinsi Banten belum selesai, sehingga penyelenggaraan debat kandidat tak bisa dilaksanakan sesuai jadwal.

Meski demikian, KPU Kota Serang belum memastikan, kapan debat kandidat dilaksanakan. “Untuk debat putaran pertama diundur, masalah tanggal belum kami lihat, nunggu hasil proses lelang dulu, belum selesai,” kata Komisioner KPU Kota Serang, M Hopip, Kamis (26/4/2018).

Menurut informasi yang diterimanya, lelang sudah sampai tahapan verifikasi peserta lelang. Jumlah peserta lelang tersebut lumayan banyak. “Nah, proses lelang itu belum selesainya ddi ULP KPU Provinsi. Jadi, gimana kalau belum ada EO, kan harusnya (debat) besok kan (hari ini),” ujarnya.

Kemungkinan besar debat putaran pertama berlangsung pada Jumat (11/5/2018). “Kemungkinan ini baru estimasi saja, baru jaga aman persiapan dan sebagainya, kemungkinan bisa dilaksanakan Jumat (11/5/2018), tapi itu juga belum pasti, nanti nunggu hasil proses lelang,” ucapnya.

Di luar lelang EO, tutur dia, seluruh persiapan debat sudah dilaksanakan. Tim panelis juga sudah mempersiapkan pertanyaan yang akan dilontarkan kepada pasangan calon (paslon) saat debat berlangsung.

“Kalau panelis sudah, hanya masih menunggu nanti akan rapat teknis dan sebagainya, kalau dari panelis. Masalah tempat kami sudah punya estimasi, tapi lagi-lagi karena yang menentukan nanti EO pemenang lelang, kami menginginkan di Kota Serang,” katanya.

Sementara itu, anggota Tim Panelis Debat Kandidat, Matin Sarkowi menuturkan, pertanyaan yang disusun panelis merupakan substansi dari visi dan misi paslon Pilkada Kota Serang. “Tentang kebijakan publik, tentang kesejahteraan masyarakat, dan pendidikan. Fokus kepada itu,” ujarnya.

Tema setiap debat akan berbeda-beda. Ia memastikan, pertanyaan yang disusun tim panelis akan mampu menggali secara dalam visi dan misi setiap paslon. “Itu nanti ada panelis yang pertanyaan kami memang pasti akan memperlihatkan si kandidat seperti apa. Dari pertanyaan yang kami susun akan lebih memperlihatkan sosok kandidat,” ucapnya.

Disinggung terkait pertanyaan lebih rinci, pria yang juga Ketua PC NU Kota Serang tersebut enggan menjelaskan. Karena, pertanyaan bersifat rahasia dan tidak akan dibocorkan kepada paslon sekalipun sampai pelaksanaan debat berlangsung. “Kalau dibocorkan nanti mereka (paslon wali kota) menghafal,” tuturnya. (SN)*


Sekilas Info

Melalui Baznas Banten, Wali Murid Alumni TK Tirtayasa Bantu Korban Bencana di Sulawesi Tengah

SERANG, (KB).- Wali Murid Alumni TK Tirtayasa Kota Serang memberikan bantuan untuk korban bencana di Sulawesi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *