Pilkada Kota Cilegon 2020, Pelamar Demokrat Banyak Kejutan

CILEGON, (KB).- Penjaringan bakal calon pasangan calon Wali Kota Cilegon pada Pilkada Kota Cilegon 2020 yang digelar Partai Demokrat cukup menarik untuk diamati. Terdapat sejumlah tokoh di luar dugaan yang melamar untuk ikut dalam penjaringan tersebut.

Sebut saja mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soeharta, juga Ketua Kadin Paradigma Baru Fathurohman. Keduanya termasuk dalam enam orang yang melamar partai berlambang mercy, hingga akhir November kemarin.

Terkait hal tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Cilegon Rahmatulloh cukup terkejut. Ia tidak menyangka jika para tokoh yang tertarik ikut kontestasi Pilkada Kota Cilegon, berbondong-bondong melamar ke partainya.

“Saya selaku Ketua DPC Partai Demokrat Kota Cilegon, jujur saja merasa terkejut. Karena, sesungguhnya saya lumayan pesimistis. Ketika kami yang hanya dua kursi di DPRD Kota Cilegon, akan sepi peminat. Tapi, ternyata sekelas Ranta mau melamar ke Partai Demokrat,” katanya saat dihubungi melalui telepon genggam, Ahad (1/12/2019).

Menurut dia, masih ada sejumlah kejutan lain terkait tokoh yang akan melamar ke partai besutan Susilo Bambang Yudhonoyo (SBY) tersebut. Namun, dia enggan menerangkan siapa tokoh tersebut.

“Pokoknya, dia sudah kontak saya. Katanya akan ambil formulir dalam waktu dekat. Jika benar dia akan datang, saya yakin publik akan kembali terkejut,” ujarnya.

Ia menuturkan, telah berkomunikasi dengan para pengurus partai maupun tim sukses para bakal calon. Ia memprediksi masih ada 4 tokoh yang akan mendatangi tim penjaringan Partai Demokrat.

“Semua kandidat sudah kami jalin komunikasi, meskipun itu melalui tim pemenangan, pengurus partai, atau kader partai. Mudah-mudahan mereka juga akan melamar ke partai. Karena, batas waktunya masih panjang, yakni Senin (23/12/2019),” ucapnya.

Ia berharap, para pelamar serius ingin mendapatkan pinangan dari Partai Demokrat, yakni dengan mengembalikan formulir pendaftaran pada Senin (23/12/2019) yang akan datang.

“Nanti Senin (23/12/2019), tahapan pengembalian formulir dilakukan. Saya berharap, mereka serius dan bukan hanya mengambil formulir. Pada tahap itu kami akan membuka satu hari penuh, dari pagi hingga sore,” tuturnya.

Untuk diketahui, sudah ada 6 tokoh yang melamar ke Partai Demokrat. Mereka adalah Ketua DPC PDI Perjuangan Cilegon Reno Yanuar, Kabag Humas Polres Cilegon Awab, Ketua DPW Partai Berkarya Banten Helldy Agustian, mantan anggota DPRD Cilegon Iye Iman Rohiman, mantan Sekda Banten Ranta Soeharta, serta Ketua Kadin Paradigma Baru Kota Cilegon Faturohman.

Terkait hal tersebut, Pengamat Politik dari Universitas Tirtayasa Syuaib Amirudin mengatakan, ramainya tokoh yang melamar partai kepentingan untuk Pilkada Kota Cilegon 2020, karena sejumlah hal, di antaranya Kota Cilegon di pilkada nanti tidak akan diikuti petahana.

“Pak Iman Ariyadi kan sudah dua periode, sementara pak Edi Ariadi katanya tidak akan mencalonkan diri. Ini membuat Pilkada Kota Cilegon mirip dengan Pilkada Kota Serang, yakni tanpa diikuti petahana,” katanya.

Ditambah lagi, partai-partai membuka diri untuk menerima calon dari luar partai. Mengingat partai menyadari jika kader internal kurang memenuhi syarat, sehingga membutuhkan calon alternatif dari luar partai.

“Nah, ketika partai membuka diri, ada beberapa tokoh yang memang serius untuk maju. Tapi, ada juga yang sekadar mencari popularitas. Inilah yang menyebabkan para pelamar menjadi ramai,” katanya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here