Pilkada Kota Cilegon 2020, Koalisi PKS-Berkarya Menguat

CILEGON, (KB).- Koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Berkarya semakin menguat di ajang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020. Hal itu memungkinkan terjadinya perkawinan politik antara Ketua DPW Partai Berkarya Banten Helldy Agustian dengan salah satu kader PKS untuk maju sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon.

DPW PKS Provinsi Banten menilai, partai besutan Tommy Soeharto ini tulus untuk menjadikan kader PKS sebagai pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon.

Ketua DPW PKS Banten Sanuji Pentamarta mengatakan, Rabu (19/2/2020) ini akan menghadap ke DPP guna meminta arahan terkait Pilkada 2020 di Banten. Salah satunya, terkait derasnya potensi Partai Berkarya dan PKS berpasangan pada Pilkada Kota Cilegon 2020.

”Rabu (19/2/2020) nanti, saya akan ke DPP untuk meminta arahan. Salah satunya tentang kemungkinan dengan Partai Berkarya,” katanya saat dihubungi, Senin (17/2/2020).

Menurut Sanuji, pihaknya menjagokan Partai Berkarya untuk maju di Pilkada Cilegon 2020. Mengingat Partai Berkarya merupakan partai paling serius berkeinginan berpasangan dengan kader PKS.

”Kami pegang Partai Berkarya ini untuk kepentingan perahu. Orang mau mencalonkan diri, bagaimana kalau tidak ada perahu. Lalu, partai yang ingin ambil kader kami sebagai pasangan, itu yang kami pertimbangkan,” ujarnya.

Sanuji pun tetap membuka komunikasi dengan partai-partai lain. Namun dibandingkan semua partai yang ada, Partai Berkarya paling cepat untuk meminang kadernya.

”Berkomunikasi dengan semua partai tetap kami lakukan. Tapi komunikasi lebih maju memang dengan berkarya,” tuturnya.

Terkait keputusan pasangan sendiri, lanjut Sanuji, itu bergantung keputusan DPP PKS. Hingga saat ini, proses rekomendasi untuk kepentingan pilkada masih berada di tingkatan DPW.

“Karena DPD PKS Cilegon belum menyerahkan nama-nama kader yang akan diajukan ke DPP, proses rekomendasi masih berada di wilayah DPW. Dalam waktu dekat, saya akan undang DPD untuk membahas hal itu,” ucapnya.

Sementara, kedua DPD PKS Cilegon Abdul Ghoffar sedang menunggu undangan DPW PKS Banten guna membahas Pilkada Cilegon 2020. Ia membenarkan jika saat ini, pihaknya akan menyerahkan dua nama kader, yakni Mantan Ketua DPD PKS Cilegon Amal Irfanudin dan Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Nurrotul Uyyun.

”Kami sifatnya hanya menyampaikan, sisanya bergantung keputusan DPP PKS melalui DPW PKS Banten. Sekarang ini kami sedang menunggu undangan dari DPW. Kalau sudah ada, kami akan serahkan seluruh informasi terkait Pilkada Cilegon 2020,” tuturnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here