Pilkada Kota Cilegon 2020, Kandidat Calon Wali Kota Bermunculan

CILEGON, (KB).- Meski tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020 belum dimulai, namun kandidat calon kepala daerah di kota industri ini sudah bermunculan.

Kandidat calon Wali Kota Cilegon yang telah menyatakan diri siap maju pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020, di antaranya Ketua Dewan Pembina Sekretariat Bersama (Sekber) Relawan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 02 Kota Cilegon Marlim Hander Joni.

Selain Joni, Dewan Pembina Partai Gerindra Kota Cilegon Sihabudin juga menyatakan kesiapanya maju pada Pilkada Kota Cilegon 2020.

Sebelumnya, sejumlah nama disebut-sebut akan maju pada bursa Pemilihan Wali Kota Cilegon 2020, di antaranya Ratu Ati Marliati, mantan Kepala Bappeda Kota Cilegon yang juga kakak kandung mantan Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi, Helldy Agustian (Ketua DPD Partai Berkarya Provinsi Banten), Reno Yanuar (Ketua DPC PDIP Kota Cilegon), dan Ali Mujahidin (Ketua Umum PB Al-Khairiyah).

Kabar tentang kesiapan Joni untuk maju pada Pilkada Kota Cilegon 2020 disampaikan Ketua Sekber Relawan Prabowo-Sandi Kota Cilegon Iman Khadafi, Ahad (23/6/2019). Kepada awak media, dia mengatakan, para eks relawan Prabowo-Sandi akan kembali solid untuk menentukan arah dukungan di Pilkada Cilegon 2020.

“Setelah sukses mengantarkan kemenangan untuk Prabowo-Sandi hampir 70 persen di Kota Cilegon pada Pilpres 2019, kami dari Sekber Relawan Prabowo-Sandi Kota Cilegon yang membawahi 16 tim akan kembali berkonsolidasi dalam menghadapi Pilkada Cilegon 2020 dan mendukung dewan pembina kami, yakni bapak Joni,” ujarnya.

Menurut dia, sosok Joni memiliki kapabilitas dan integritas serta jiwa kepemimpinan yang baik. Hal tersebut, dia buktikan pada Pilpres yang baru lalu. Tetapi yang terpenting, Joni mempunyai keinginan membangun Cilegon jadi lebih baik, religius, dan patuh pada Ijtima Ulama.

“Kami masih mengeksplorasi formula dan racikan yang tepat untuk dipasangkan dengan figur lain dalam bursa pencalonan nanti. Apakah pria yang akrab dipanggil Haji Joni tersebut, akan maju sebagai bakal calon wali kota atau wakil wali kota masih dalam kajian,” ucapnya.

Ia menuturkan, Cilegon sebagai kota industri perlu memiliki pemimpin yang berlatar belakang dari kalangan industri.

Sementara itu, Joni saat dikonfirmasi siap jika dirinya dianggap layak dan dinilai bisa membawa kemaslahatan bagi masyarakat Cilegon. “Kalau saya diminta dan nanti bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan pembangunan Cilegon, kenapa tidak. Harus siap demi kemaslahatan umat,” tuturnya.

Terpisah, Dewan Pembina Partai Gerindra Kota Cilegon Syihabudin Sidik siap maju sebagai Calon Wali Kota Cilegon dalam kontestasi Pilkada 2020. Politisi yang telah menjadi anggota DPRD Kota Cilegon 3 periode dan saat ini menjadi calon anggota DPRD Provinsi Banten terpilih dengan suara terbanyak tersebut menuturkan, jika masyarakat menginginkan dirinya untuk maju pada Pilkada Kota Cilegon 2020, dia siap mengemban amanah rakyat.

“Kenapa tidak? Saya akan melakukan perbaikan dan perubahan. Karena Cilegon itu penuh dengan tantangan dan harapan,” katanya.

Menurut dia, peluang Partai Gerindra untuk mengusung calon wali kota di Kota Cilegon saat ini cukup bagus. Karena, hanya butuh dua kursi saja sebegai pelengkap persyaratan untuk mengusung calon kepala daerah.

”Kalau koalisi pasti iya, namun dengan siapa-siapanya saya belum menentukan, karena ada mekanisme partai yang mengatur. Komunikasi seperti biasa jalan, tunggu saja nanti,” ujarnya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here