Pilkada Kota Cilegon 2020, Iye Kantongi Rekomendasi PAN

KANDIDAT Wali Kota Cilegon Iye Iman Rohiman saat menerima rekomendasi DPP PAN, di Kantor DPW PAN Banten, Rabu (19/2/2020).*

CILEGON, (KB).- Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi memberikan rekomendasi Bakal Calon Wali Kota Cilegon kepada Iye Iman Rohiman pada Pilkada Kota Cilegon 2020. Pengusaha yang juga mantan anggota DPRD Kota Cilegon periode 2009-2014 ini mengantongi rekomendasi partai berlambang matahari putih.

Ketua DPW PAN Banten Masrori menyerahkan Surat Rekomendasi DPP PAN kepada Iye di Kantor DPW PAN Banten, Kota Serang, Rabu (19/2/2020) sekitar pukul 14.00 WIB. Bahkan Iye pun telah memegang Kartu Tanda Anggota (KTA) PAN. Saat itu, Iye pun berseragam biru.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua DPD PAN Cilegon Alawi Mahmud. “Saya ikut hadir dalam acara itu,” katanya.

Menurut Alawi, keputusan DPP PAN berdasarkan mekanisme penjaringan yang dilakukan mulai tingkat DPD hingga pusat. Dimana sebelumnya DPD PAN Cilegon merekomendasikan 11 nama hasil penjaringan Bakal Calon Wali Kota Cilegon.

“Kami kan telah melakukan penjaringan, munculah 11 nama yang kemudian kami antarkan ke DPW dan DPP. Pusat pun melakukan pemeringkatan, penilaian, serta lain-lain. Dimana Pak Iye juga intens berkomunikasi kepada partai secara berjenjang, mulai DPD, DPW, hingga DPP,” ujarnya.

Dengan demikian, pihaknya akan mulai total menyalakan mesin politik untuk memenangkan Iye dalam ajang pilkada. Baik itu untuk kepentingan politik, maupun dorongan moril.

“Saya menghormati keputusan DPP. Karena itulah, kami di DPD PAN Cilegon mempunyai tanggung jawab secara moril untuk menyalakan mesin politik sesuai kebutuhan,” tuturnya.

Sementara itu, Bakal Calon Wali Kota Cilegon dari PAN Iye Iman Rohiman, mengaku tengah bahagia akan turunnya rekomendasi tersebut. Iye mengaku siap melakukan langkah politik dalam rangka menjalin koalisi juga mencari pasangan.

“Ini bukan lagi syarat, tapi sudah menjadi sebuah kewajiban untuk mencari koalisi dan juga pasangan. Jujur saja saya sedang merasa bahagia, karena harapan saya kepada PAN memang sangat besar,” ucapnya.

Pada upaya mencari koalisi dan pasangan nanti, Iye mengaku akan cermat dalam komunikasi politik. Mengingat, selain untuk memenuhi syarat minimal kursi yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), juga mencari pasangan yang diyakini mampu memenangkan pilkada.

“Bicara mencari pendamping, itu gampang-gampang susah. Kenapa, karena banyak hal yang perlu dikaji. Terpenting itu elektabilitas, itu sangat menentukan,” katanya.

Lobi Koalisi

Sementara itu, Ketua DPW Partai Berkarya Banten Helldy Agustian, telah membentuk koalisi Perubahan Adil Makmur untuk Pilkada Serang. Helldy yang juga Bakal Calon Wali Kota Cilegon dari Partai Berkarya, mengaku akan melobi koalisi ini untuk dibawa ke Pilkada Cilegon.

“Kemarin kan untuk kepentingan Pilkada Serang, tidak menutup kemungkinan koalisi yang sama juga dibawa untuk kepentingan Pilkada Cilegon,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (19/2/2020).

Menurut Helldy, obrolan mengenai Pilkada Kota Cilegon pun, sempat mengalir kala pembentukan koalisi Perubahan Adil Makmur dilakukan. Namun, Kepala Cabang Tunas Toyota Cilegon ini mengatakan, obrolan tersebut belum resmi.

“Politik itu kan dinamis, rasional, dan realistis. Menjalin hubungan koalisi itu tidak bisa langsung jalan, semuanya harus ada proses,” tuturnya.

Bicara popularitas dan elektabilitas, sosok Helldy cukup meyakinkan untuk Pilkada Kota Cilegon. Bekal ini diyakini Helldy mampu menjadi modal terbentuknya koalisi demi mendukung dirinya.

“Mudah-mudahan ini grand design yang diberikan Allah, dalam rangka perubahan di Kota Cilegon,” ucapnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here