Pilkada Kota Cilegon 2020, Giliran PAN Jaring Balon Wali Kota

CILEGON, (KB).- Setelah Partai Nasional Demokrat (Nasdem) selesai melakukan penjaringan bakal calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, kini Partai Amanat Nasional (PAN) melakukan hal yang sama.

Dalam keterangan pers yang digelar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kota Cilegon, PAN Kota Cilegon melakukan penjaringan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon, mulai Kamis (10/10/2019).

Para pengurus partai matahari terbit tersebut berharap, penjaringan tersebut, bisa mengulang sukses pilkada sebelumnya, di mana penjaringan balon kepala daerah yang dilakukan PAN menuai sukses melahirkan calon kepala daerah yang disukai masyarakat.

“Pada Pilkada Kota Cilegon sebelumnya, penjaringan balon wali kota dan wakil wali kota menghasilkan beberapa nama yang bisa diusung, seperti Rusli Ridwan dan Edi Ariadi. Untuk itu, kami berharap, pada pilkada kali ini juga menghasilkan seorang kepala daerah yang disukai masyarakat Cilegon,” kata Sekretaris Panitia Penjaringan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon DPD-PAN Kota Cilegon Iskandar dalam konfrensi pers yang digelar di Sekretariat DPD-PAN Kota Cilegon di Lingkungan Pagebangan, Kelurahan, Jombangwetan, Kecamatan Jombang, Senin (7/10/2019).

Ia menuturkan, berdasarkan hasil rapat partainya, panitia penjaringan Pilkada DPD-PAN Kota Cilegon melibatkan 20 anggota, siap untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota DPD-PAN Kota Cilegon Syaeful Asas menuturkan, banyak tokoh dan kader internal serta eksternal berharap ikut bergabung ke tim penjaringan dan memberikan sumbangsih pemikiran untuk kota Cilegon.

“Dengan mengusung slogan Bersama PAN untuk Perubahan Kota Cilegon, kami meyakini, akan banyak yang ikut mendaftar dalam penjaringan tersebut,” ujarnya.

Ia menuturkan, ada sekitar waktu 20 hari penjaringan yang akan dilakukan oleh DPD PAN Kota Cilegon. Baik mulai pendaftaran sampai dengan pengembalian formulir, semua tim sudah siap dalam menerima bakal calon.

“Kami akan membuka pendaftaran dan sekaligus mengambil formulir mulai Kamis hingga Rabu (10-23/10/2019). Kemudian, untuk pengembalian formulir Kamis hingga Rabu (24-30/10/2019),” ucapnya.

Bagi kandidat bakal calon wali kota atau balon wakil wali kota yang akan mengambil formulir tidak dikenakan biaya atau gratis.

Sementara itu, Komite Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) PAN Rosyid Haerudin mengatakan, pembentukan tim penjaringan tersebut, sudah melalui mekanisme. Untuk Pilkada 2020, tutur dia, PAN akan merekomendasikan 2 orang calon yang akan disampaikan ke publik dan penetapan melalui rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Kami membuka ruang seluas-luasnya kepada khalayak untuk ikut serta dalam penjaringan,” ujarnya.

Saat ini, PAN sudah punya 50 persen persyaratan untuk mengusung calon wali kota dalam Pilkada 2020. Sehubungan itu, DPW dan DPP yang akan mencari koalisi untuk menggenapkan persyaratan tersebut dengan catatan sepanjang ada persamaan satu visi dan misi.

Panitia Penjaringan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota DPD-PAN Kota Cilegon, kata dia, akan bekerja seobjektif mungkin. “Peniliaian tertinggi itu didapat dari tim survei yang nantinya akan memunculkan calon kepala daerah yang dikehendaki oleh masyarakat,” ujarnya.

Dalam penjaringan tersebut, pihaknya tidak memasang target untuk jumlah maupun pasangan. Tetapi, akan menjaring balon wali kota dan wakil wali kota sebanyak-banyaknya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here