Pilkada Kota Cilegon 2020 Diharapkan Lahirkan Pemimpin Amanah

CILEGON, (KB).- Persaudaraan Alumni (PA) 212 Kota Cilegon berharap, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020 melahirkan pemimpin yang amanah.

“Kami meminta, agar calon pemimpin yang akan berkiprah pada Pilwalkot (Pemilihan Wali Kota Cilegon) 2020 mempunyai sifat amanah,” kata Sekretaris PA 212 Kota Cilegon Iim Suwandi di sela-sela kegiatan silaturahim dengan sejumlah ulama Kota Cilegon, Senin (29/7/2019) malam.

Pihaknya menggelar silaturahim dengan sejumlah tokoh ulama Kota Cilegon, agar ulama tidak terpecah belah. Selain itu, pihaknya ingin mendengarkan nasihat-nasihat ulama, sehingga seluruh ulama di Kota Cilegon bersa tu dan melakukan sumbang saran untuk menentukan kriteria calon pemimpin.

“Kami para ulama yang hadir di sini sepakat, bahwa calon pemimpin juga bisa menerapkan fondasi ekonomi yang kuat harus bisa menerapkan 4 sifat nabi, yaitu sidik, fatanah, amanah, dan tablig,” ujarnya.

Ia menuturkan, seorang pemimpin harus mempunyai sifat sidik yang artinya benar. Bukan hanya perkataannya yang benar, tetapi juga perbuatannya juga benar.

Kemudian amanah, artinya yang bisa dipercaya. Karena, jika satu urusan diserahkan kepadanya, niscaya orang percaya, bahwa urusan itu akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya, tablig, di mana artinya menyampaikan.

Dan fatanah berarti cerdas. Dalam artian mampu mengatasi berbagai persoalan yang ada di Kota Cilegon dengan berbagai solusi tidak merugikan semua pihak. Bahkan, harus pro terhadap ulama dan masyarakatnya.

Sementara itu, Pengurus PA 212 lainnya Arief Rifad mengatakan, para ulama yang hadir di Sekber 212 merupakan rekan-rekan seperjuangan dalam menggapai kebenaran yang Islami.

Selama ini, ucap dia, sejumlah kontestan mulai bermunculan. Oleh karena itu, pihaknya berembuk dengan sejumlah ulama lainnya untuk menentukan sikap dalam pilwalkot mendatang.

Ia berharap, dalam waktu dekat sudah memunculkan kandidat yang didukung oleh seluruh PA 212. Sehubungan itu, PA 212 akan melakukan roadshow ke seluruh tokoh ulama untuk meminta nasihat dan sumbang saran. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here