Pilkada Kota Cilegon 2020: Dede Rohana, Milenial Cerdas

Suasana diskusi ”Obrolan Mang Fajar” di Kantor Redaksi Kabar Banten, Jl. Jenderal A. Yani No. 72 Kota Serang, Rabu (16/10/2019).*

Meski baru berusia 34 tahun, namun kemunculan Dede Rohana mampu mewarnai panggung politik di Banten, termasuk dalam kontestasi jelang Pilkada Cilegon 2020. Wajah baru wakil Cilegon di DPRD Banten dengan suara terbanyak itu, dinilai sebagai milenial cerdas yang sukses berkiprah di dunia usaha dan politik.

Hal itu dikatakan para tim dan relawan Dede Rohana dalam “Obrolan Mang Fajar” bertema Milenial di Panggung Pilkada, di Kantor Harian Umum Kabar Banten, Rabu (16/10/2019). Dalam diskusi dipandu Pemimpin Redaksi (Pemred) Kabar Banten Maksuni Husen itu, hadir Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat Rachmat Ginandjar dan Redaktur Pelaksana Yadi Jayasantika.

“Saya mengenal seorang Dede Rohana sejak mahasiswa. Beliau bukan hanya sekadar berani, tapi juga cerdas dan punya visi. Saya kira kiprahnya saat ini adalah bukti sekaligus hasil dari kerja keras dan kecerdasan beliau di usianya yang masih sangat muda,” kata Ketua Tim Sukses Dede Rohana, Tatan Spartan.

Meski kaum milenial, menurut Tatan, Dede Rohana memiliki visi dan gagasan yang jauh ke depan sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat. Dengan pandangan dan kapasitasnya, kata dia, Dede Rohana bukan hanya menjadi harapan dan tumpuan kaum milenial. Akan tetapi, sanggup menjadi harapan masyarakat Kota Cilegon.

Tatan menjabarkan berbagai pengalaman dan rekaman jejak Dede Rohana sebagai kaum muda yang cerdas dan sukses. Sejak mahasiswa, kecerdasan Dede Rohana terbukti dari Juara I Lomba Karya Tulis Mahasiswa se-Provinsi Banten tahun 2006. Bukan hanya itu, politisi PAN tersebut tercatat sebagai lulusan terbaik STIE Al-Khairiyah Cilegon tahun 2008, serta lulusan termuda Master Ilmu Politik Universitas Nasional Jakarta tahun 2012.

Belum lagi kiprahnya dalam organisasi, pria kelahiran 5 Agustus 1985 itu memiliki sederet pengalaman sebagai seorang pemimpin muda yang cerdas. Mulai dari Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen STIE Al-Khairiyah tahun 2006, Ketua Ikatan Alumni STIE Al- Khairiyah periode 2017 – 2020, dan banyak lagi.

Dalam hasil survei, Dede Rohana merupakan tokoh muda paling berpengaruh di Kota Cilegon. Secara keseluruhan, popularitasnya berada di posisi kelima dan elektabilitas keempat. “Jadi Dede Rohana adalah tokoh muda yang muncul di tengah dinamika menuju Pilkada Cilegon ini,” kata Tatan.

Dede Rohana.*

Terpanggil

Dalam kesempatan itu, Dede Rohana mengungkapkan motivasi dan semangatnya di panggung politik. Meski sudah meraih kesuksesan sebagai pengusaha di usia muda, namun pimpinan sejumlah perusahaan tersebut masih belum merasa terpanggil untuk beradu gagasan memajukan Kota Cilegon melalui panggung politik. Atas dasar itu, Dede yang baru saja dilantik menjadi anggota DPRD Banten itu terpanggil untuk maju di Pilkada Cilegon 2020.

Meski posisinya sebagai anggota dewan sekaligus Ketua Fraksi PAN mungkin harus ditanggalkan, Dede menyadari bahwa sebagai perjuangan membutuhkan pengorbanan.
Menurut dia, berjuang di legislatif maupun eksekutif harus siap dilaksanakan jika itu adalah amanah rakyat. “Hari ini saya tertantang, saya didorong, saya juga memang punya keprihatinan dan ada panggilan jiwa,” kata Dede Rohana.

Menurut dia, Kota Cilegon memiliki potensi luar biasa. Dengan luas wilayah yang hanya 175,5 km² dan jumlah penduduk hampir 400 ribuan, Cilegon seharusnya bisa menjadi kota terdepan di Indonesia. Namun dengan industri strategis dan kondisi geografisnya yang strategis, namun masih menyimpan permasalahan. “Pendidikan, keterampilan, pemahaman masyarakat, ternyata tidak bisa mengimbangi industri padat modal,” ujar Ketua Fraksi PAN DPRD Banten itu.

Dengan segala potensi itu, menurut dia, target tinggi untuk Kota Cilegon menjadi kota terdepan di Indonesia sangat pantas menjadi target sepuluh tahun ke depan. Dengan beban sedikit dan potensi yang besar, tinggal bagaimana menggunakan APBD untuk kepentingan masyarakat.

Dia juga optimistis Kota Cilegon bisa menjadi pusat perdagangan jasa di Pulau Jawa paling timur ini. “Saya juga ingin membuat kehidupan di Cilegon yang harmonis, kehidupan yang asri, dan moda transportasi yang terintegrasi,” ucapnya.

Namun, Dede mencatat permasalahan utama di Kota Cilegon adalah pengangguran atau lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, prioritasnya adalah bagaimana menyelesaikan persoalan tersebut. “Jadi, harus menyiapkan lapangan pekerjaan,” tuturnya.

Dia mengatakan, solusi di antaranya adalah pengembangan industri padat karya. Industri ini, kata dia, dinilai mampu menyerap tenaga kerja yang besar. Namun pengembangan industri padat karya ini, kata dia, dihadapkan kendala atau beban kebijakan upah minimum kabupaten/kota (UMK).

“Dalam skala lebih luas, industri padat karya ini memberi kontribusi sekitar 30 persen pertumbuhan industri nasional. Cuma memang masalahnya yang dihadapi untuk mengundang industri padat karya, ada dibeban upah atau dalam hal ini upah minimum provinsi (UMP). Tapi apakah solusinya tidak ada? Ada (solusinya,” tutur Dede.

Ketika ditanyakan soal usianya yang masih muda dalam menjangkau basis dukungan masyarakat, Dede mengaku diuntungkan dengan posisi tersebut. Sebab, suara mayoritas di Kota Cilegon adalah kaum milenial atau usia produktif.

Dalam pertarungan pemilihan legislatif (Pileg) 2019, model kampanye milenial yang dekat dengan digitalisasi sangat efektif. “Karena suara milenial di Kota Cilegon sangat besar. Data di KPU, suara saya di Pileg 2019 termasuk record adalah bukti suara milenial sebagian besar. (Tim Kabar Banten)*

Kiprah Dede Rohana

Motto: Bekerja, Berpretasi, Bermanfaat

Akademik
Lulusan terbaik STIE Al-Khairiyah Cilegon tahun 2008 (S1)
Lulusan Termuda Master Ilmu Politik Universitas Nasional Jakarta tahun 2012 (S2)

Organisasi
Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen STIE Al-Khairiyah tahun 2006
Ketua Ikatan Mahasiswa Cilegon (IMC) tahun 2006-2008
Ketua Ikatan Alumni STIE Alkhairiyah periode 2017 s/d 2020
Wakil Ketua KADIN Kota Cilegon tahun 2009-2014
Bendahara HIPPI Kota Cilegon periode 2013 s/d sekarang
Wakil Ketua HIPMI Kota Cilegon periode 2016-2021

Bisnis
Direktur di PT. Multi Talent Universal (Service Logistik)
Direktur PT. Dekade Prioritas (Trucking & Heavy Equipment)
CEO PT. Denam Mitra Mandiri (Engineering & Construction)
Direktur PT. Multi Lintas Persada (General Kontraktor)
Direktur PT. Lintas Samudera Internusa (Bongkar Muat)
Owner Tara Shop Butiq Cilegon
CEO Indonesia Parking (PT. Multi Indonesian Parking)

Politik
Caleg DPRD Banten suara terbanyak Dapil Kota Cilegon
Anggota DPRD Banten 2019-2024
Ketua Fraksi PAN DPRD Banten 2019-2024
Bendahara DPW PAN Banten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here