Pilkada Kota Cilegon 2020, Berkarya Siap Lamar PAN

CILEGON, (KB).- Partai Berkarya dikabarkan siap melamar Partai Amanat Nasional (PAN) untuk berkoalisi mengusung Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020.

Partai besutan Tommy Suharto tersebut memiliki 4 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon atau sudah 50 persen persyaratan mengusung calon wali kota/wakil wali kota. Diketahui, untuk mengusung pasangan wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Kota Cilegon 2020, partai politik harus memiliki sedikitnya 8 kursi di DPRD Kota Cilegon.

Untuk memuluskan niatnya tersebut, Jumat (18/10/2019), tim pemenangan Partai Berkarya mendatangi Sekretariat DPD PAN Kota Cilegon untuk mengambil formulir pendaftaran penjaringan bakal calon (balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon.

Pantauan di lokasi, tim Partai Berkarya Cilegon yang mengusung Helldy Agustian datang ke Sekretariat DPD PAN Kota Cilegon sekitar pukul 13.00 WIB dipimpin Sekretaris DPD Partai Berkarya Kota Cilegon Mukhlis Sulistyo. Kedatangan mereka, disambut pengurus DPD PAN Kota Cilegon yang menjadi panitia penjaringan wali kota/wakil wali kota.

“Syukur alhamdullilah, sesuai dengan komitmen, bahwa Berkarya terus mendukung pak Helldy, hari ini Jumat (18/10/2019) kami mengambil formulir penjaringan ke DPD PAN Cilegon,” katanya.

Ia menuturkan, DPD Berkarya Cilegon yang sudah solid mendukung Helldy Agustian sebagai calon wali kota sudah mendapat 50 persen jumlah persyaratan. Artinya, ujar dia, hanya menambahkan 50 persen saja, maka persyaratan tersebut akan terpenuhi.

“Artinya, kami mendaftar ke PAN yang sama-sama mempunyai 50 persen persyaratan, dengan harapan bisa berkoalisi pada Pilkada 2020 mendatang. Saya kira kalau ditambah dengan PAN sudah 8 kursi,” ucapnya.

Ia menuturkan, PAN bukan partai terakhir yang akan diajak untuk berkoalisi, akan tetapi seluruh partai yang membuka penjaringan atau pendaftaran, DPD Berkarya siap untuk mengikuti.

“Sesuai pesan dari pak ketua (Heldy Agustian), kami akan mengikuti penjaringan di seluruh partai sekaligus sebagai salah satu komunikasi politik kami,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penjaringan Wali Kota Cilegon DPD PAN Syaefullah Asas mengatakan, semua calon yang mendaftar tidak ada yang membeda-bedakan dan mendapat perlakuan yang sama. Oleh karena itu, kata dia, semua kandidat silakan mengisi formulir dan dapat memenuhi mekanisme penjaringan.

“Karena, kami akan memilih 5 pasang calon yang akan direkomendasikan. Terkait koalisi dengan siapa, semuanya bisa berikhtiar, termasuk kader internal PAN juga belum pasti dengan siapa. Untuk persyaratan 50 persen sudah betul, akan tetapi karena masih kurang, kami juga akan mencari untuk berkoalisi,” ucapnya.

Sejumlah kandidat baik eksternal maupun internal berpeluang mendapat rekomendasi untuk maju dalam gelaran Pilkada 2020 yang akan diusung PAN. Namun, ujar dia, ada meknisme dan aturan yang harus dilakukan oleh kandidat. Salah satunya, adalah pengembalian formulir beserta bedah visi dan misi. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here