Pilkada Kabupaten Tangerang, KPU Targetkan 80 Persen Pemilih

TANGERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, mengupayakan agar partisipasi warga sebesar 80 persen pemilih dalam Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Tangerang 2018 yang tersebar pada 29 kecamatan. “Target kami ada sekitar 2,068 juta warga ikut mencoblos untuk memberikan dukungan pada calon pilihan mereka,” kata Ketua KPUD Kabupaten Tangerang Ahmad Jamaludin, Selasa (1/8/2017).

Ia menuturkan, upaya yang dilakukan agar target itu dapat terealisasi yakni dengan cara sosialisasi ke berbagai pihak. Ia telah menyambangi berbagai organisasi kemasyarakatan, tokoh agama, kantor media, kecamatan, desa maupun paguyuban kesenian. Menurut dia, Pilkada 2018 menjadi sukses tidak hanya dibebankan kepada KPU semata melainkan semua pihak, termasuk peran serta petugas pengamanan.
Peran serta pemilih diharapkan lebih meningkat dari tahun sebelumnya yakni pada Pilkada Gubernur Banten 2017. “Saat itu, target pemilih hanya sebesar 64 persen, itu dianggap masih minim, dan hal tersebut jangan sampai terjadi lagi,” tuturnya.

Upaya lain adalah agar ada edukasi politik terhadap warga agar mereka dapat berperan aktif agar Pilkada menjadi sukses. Hak pilih warga, kata dia, jangan sampai hilang karena ada janji oleh pihak tertentu sehingga enggan mencoblos dan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS). Untuk menentukan pemimpin lima tahun ke depan sangat penting, maka warga yang memiliki hak pilih perlu berpartisipasi aktif. (H-36/Ant)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here