Pilkada Kabupaten Serang 2020, Tatu Jajaki Semua Parpol

SERANG, (KB).- Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mulai menjajaki semua partai politik (parpol) jelang Pilkada Kabupaten Serang 2020, dengan melakukan komunikasi dengan para ketua partai di tingkat kabupaten maupun provinsi.

“Komunikasi dengan semua ketua partai baik tingkat kabupaten dan provinsi. Apalagi tingkat provinsi saya berteman antar ketua partai. Berharap dapat dukungan dari PKS juga. Belum tahu berapa partainya,” kata Ratu Tatu Chasanah, Rabu (11/9/2019).

Tatu juga memastikan ikut mendaftar bakal calon Bupati Serang di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Meski partainya hanya butuh satu kursi untuk maju di Pilkada, tetapi dirinya berharap mendapat dukungan dari partai-partai lain.

“Insya Allah saya ikut daftar di PDIP sebagai bupati, ngambil formulir secepatnya, nanti saya tugaskan staf. Nanti ketika pengembalian saya yang mendaftarkan,” ujarnya.

Terkait Pandji Tirtayasa yang berharap ingin kembali berdampingan di Pilkada 2020, menurut Tatu, semua memiliki hak. Terlebih, saat ini Pandji menjabat bersama dirinya.

Dia secara pribadi sangat berterima kasih karena merasa nyaman dan tidak ada persoalan dengan Pandji Tirtayasa selama perjalanan memimpin Kabupaten Serang. “Kalau Pak Pandji ingin daftar menjadi wakil saya, sangat terima kasih. Semua punya peluang,” tuturnya.

Meski demikian, Tatu belum bisa menyebutkan wakil yang akan mendampinginya maju di Pilkada Kabupaten Serang 2020. Sebab, wakil harus atas kesepakatan bersama partai pengusung.

“Kalau wakil saya tidak bisa sebutkan. Nanti kalau partai pengusung final, baru duduk bersama siapa wakilnya. Jadi nanti mereka kasih nama, nah kesepakatan siapa,” ujarnya.

Disinggung soal mulai ramainya bursa bakal calon yang muncul, Tatu menilai sangat wajar jika partai memunculkan kader internalnya. Seperti PKS yang memunculkan Najib Hamas, menurut dia, karena Najib adalah kader PKS.

Secara terpisah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan siap untuk maju sebagai Wakil Bupati Serang.

“Insya Allah saya siap untuk maju sebagai wakil bupati. Saya tidak dalam kapasitas untuk jadi calon bupati, saya mengukur kemampuan saya hanya di wakil bupati,” ujarnya kepada Kabar Banten saat ditemui di Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Serang.

Pandji berharap dirinya sebagai kader PDIP dapat dipercaya kembali menjadi wakil PDIP, mendampingi Ratu Tatu Chasanah dari Partai Golkar. Sebab, selama ini dirinya sebagai kader partai tidak ada masalah yang serius dengan pimpinan partainya.

“Mudah-mudahan Ibu Tatu masih percaya saya. Saya merasa nyaman bekerja membantu beliau. Dan mudah-mudahan beliau merasa nyaman dibantu oleh saya,” katanya.

Kader PDIP itu menuturkan, selama ini dari kalangan tokoh banyak yang mendorong dirinya untuk kembali membantu Ratu Tatu Chasanah. Sebab, mereka berpandangan pasangan Pandji Tirtayasa dan Ratu Tatu Chasanah adalah pasangan bupati dan wakil yang kompak.

Sementara itu, Kepala Saksi Sekretariat DPC PDIP Kabupaten Serang David Solehudin mengatakan, bakal calon yang sudah mengambil formulir di partainya ada tiga yakni Pandji Tirtayasa (PDIP), Wahyu Papat Juni Romadon (PKB) yang diwakili Nurpan, dan Ratu Tatu Chasanah (Golkar) yang diwakili Zaenal.

Namun demikian, ada beberapa tokoh yang sudah komunikasi dengan pihaknya untuk mengambil formulir. “Kurang lebih ada lima tokoh yang akan coba daftar ke PDIP, ada politisi, ada profesional dan ada juga birokrat,” ujarnya.

Pujiyanto urung maju

Sedangkan seorang bakal calon yang sempat melakukan deklarasi dukungan yakni Ketua KONI Kabupaten Serang Pujiyanto sekaligus Anggota Dewan Kota Serang mengaku urung mencalonkan diri.

“Pada prinsipnya bicara untuk kontestasi Pilbup 2020 saya secara pribadi sudah diminta masyarakat. Tetapi saya belum pantas untuk jadi calon saya harus banyak belajar,” ucapnya.

Sebelumnya, dirinya sempat pula menerima tawaran dari Partai Gerindra untuk maju dalam helatan pilkada. Namun, dirinya secara mantap mengurungkan niatannya, dan akan amanah dengan jabatan yang saat ini dipegang yakni Ketua KONI Kabupaten Serang dan anggota DPRD Kota Serang.

“Bukan (permintaan siapapun untuk mundur), inisiatif saya sendiri saja. Artinya saya belum mampu, saya harus mengakui secara rill bahwa secara sportif Bupati Serang sudah berhasil dan periode ke depan akan lebih sukses dan saya akan suport dari seluruh program bupati. Nasdem dipastikan dukung bupati,” tuturnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here