Pilkada Kabupaten Serang 2020: Pencalonan Najib Hamas, PKS Intensifkan Komunikasi dengan Berkarya

SERANG, (KB).- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Serang belum bisa memastikan arah koalisi untuk mengarungi pilkada Kabupaten Serang 2020 dengan mengusung bakal calon Bupati Serang Najib Hamas.

Hal itu dikarenakan PKS masih menunggu hasil komunikasi intensif antara DPD PKS Kota Cilegon dengan DPD Berkarya Kota Cilegon yang hasilnya akan berkaitan erat dengan Kabupaten Serang.

Bakal Calon Bupati Serang Najib Hamas mengatakan, untuk arah dukungan di Kabupaten Serang, pihaknya masih perlu melihat hasil komunikasi di Kota Cilegon. Sebab dua daerah ini memiliki satu kesatuan.

“Pandeglang sudah menyampaikan dukungan ke Bu Irna dan tinggal pasangannya ini sedang digodok antaranya dari kader PKS. Cilegon dan Kabupaten Serang masih finalisasi dengan beberapa partai. Yang intens (komunikasi) dengan Berkarya. Kalau disana (Cilegon) koalisi insyallah di Kabupaten Serang Berkarya juga gabung. Jadi kita finalisasi di Cilegon,” ujarnya kepada Kabar Banten di kantor DPW PKS Banten, Jumat (7/2/2020).

Selain Berkarya, kata Najib, pihaknya juga masih komunikasi dengan PAN dan Demokrat. Disamping mekanisme penjaringan diikuti, tapi elit partai tetap melakukan komunikasi.

“Formatnya bagaimana yang terbaik, nanti Pak Mansur (ketua DPD PKS Kabupaten Serang) akan komunikasi sesuai tingkatan kepengurusan partai lain,” katanya.

Najib menjelaskan, di Banten ada empat daerah yang akan pilkada. Antara satu daerah dengan daerah lainnya memiliki keterkaitan erat.

“Seperti Kabupaten Serang ada keterkaitan erat dengan Kota Cilegon,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata Najib, PKS berupaya maksimal agar satu persatu daerah bisa closing membicarakan pengusungan calon.

“Jadi minimal 10 kursi atau lebih sedikit. Baru kita jalin komunikasi dengan partai lain, jadi kita selesaikan pengusung satu perahu. Kita harapkan bisa selesai segera,” ucapnya.

Secara logika politik kata dia, partai koalisi tetap perlu melihat hasil survei lebih dulu untuk bisa berkoalisi. Oleh karena itu, PKS akan menyiapkan survei di Februari agar bisa bersama sama secara rasional melakukan komunikasi intensif bicara koalisi sekaligus pasangan koalisi.

Disinggung soal bakal calon wakil yang akan mendampingi dirinya di pilkada, Najib mengaku masih fokus pada perahu atau partai yang akan mengusung. Setelah itu terbentuk baru pasangan akan dibicarakan bersama melalui landasan hasil survei bersama.

“Inisial (pasangan) belum bisa disampaikan karena ini berkaitan dengan nanti simulasi koalisi dengan parpol lain. Siapapun tokoh pasangan yang penting punya misi perbaikan Kabupaten Serang. Itu bagian komunikasi karena belum lihat hasil survei. Yang penting selesaikan koalisi baru personalnya nanti dengan partai lain,” ucapnya.

Sementara, Ketua DPD PKS Kabupaten Serang Mansur Barmawi mengatakan, pengusungan Najib Hamas sebagai bakal calon bupati merupakan target dari kepengurusan saat ini. Bahwa salah satu pimpinan daerah baik bupati atau wakil Bupati Serang adalah kader PKS.

“Itu target struktur. Makanya kita berjuang secara maksimal bagaimana dalam pilkada ini kita bisa memajukan kader dan kita tidak ragu memutuskan ditingkat DPD PKS Kabupaten Serang dan sudah sampaikan ke DPW dan DPP kita hanya usung Pak Najib. Termasuk kita sudah mendaftarkan pak Najib ke partai lain Berkarya, Demokrat, PAN dan Gerindra,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, komunikasi dengan tokoh juga saat ini sudah dilakukan. Hal itu sebagai upaya mengenalkan kepada masyarakat.

“Disamping kita aosialisasi bahwa tahun 2020 ada pesta demokrasi mengingatkan kepada masyarakat, kemudian kita juga upaya tingkatkan popularitas,” ucapnya.

Mansur mengatakan, saat ini pihaknya masih fokus pada perahu koalisi. Jangan sampai kata dia, ketika paket pasangan sudah ada namun perahu koalisi belum sehingga tidak akan jalan.

“Secara paralel kita ada komunikasi dengan beberapa tokoh di Kabupaten Serang,” ucapnya. (DN)*