Pilkada Kabupaten Serang 2020, PDIP Mulai Jaring Balon Kepala Daerah

Pengurus DPC PDIP Kabupaten Serang berfoto bersama seusai konferensi pers pembukaan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Serang, di Kecamatan Ciruas, Senin (9/9/2019).*

SERANG, (KB).- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Serang mulai membuka penjaringan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Serang untuk helatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Pendaftaran dibuka di Kantor DPC PDIP Kabupaten Serang, di Jalan Raya Serang-Jakarta, Kecamatan Ciruas. Mulai Selasa hingga Rabu (10-18/9/2019).

Ketua DPC PDIP Kabupaten Serang Madsuri mengatakan, kongres terkait persiapan pilkada telah usai. Saat ini surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP terkait Pilkada Serentak 2020 sudah turun. Dalam surat tersebut, diinstruksikan, agar DPC melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah untuk pilkada serentak.

“Di PDIP ada mekanisme harus ada runtutan surat dari DPP ke DPD baru DPC. Ini juga hasil rapat dengan DPD PDIP, bahwa DPC wajib buka penjaringan bakal calon bupati juga wakil bupati,” katanya kepada wartawan saat menggelar konferensi pers di Kantor DPC PDIP Kabupaten Serang, Kecamatan Ciruas, Senin (9/9/2019).

Hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Serang Asmari, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Kabupaten Serang Madjuni, Wakil Ketua Bidang Polhukam PDIP Tini Baiyanti, dan Ketua BSPN DPC PDIP Kabupaten Serang David Solehudin.

Ia menuturkan, penjaringan tersebut, dilakukan secara terbuka baik untuk internal dan eksternal partai. Hal tersebut dilakukan, karena suara yang didapat PDIP pada pemilu lalu hanya 8 persen atau di bawah 20 persen. “Kalau dapat suara di atas 20 persen, maka PDIP akan bicara rekrutmen tertutup,” ujarnya.

Ia menuturkan, pada penjaringan yang dilakukan tersebut, minimal ada dua orang yang masuk atau sebanyak-banyaknya. Pendaftaran bisa dilakukan untuk posisi calon bupati atau calon wakil. Pengambilan formulir bisa dilakukan oleh siapa saja yang mendapatkan mandat dari bakal calon. “Tapi kalau pengembalian harus bakal calonnya,” ucapnya.

Pendaftaran akan dibuka sejak Selasa hingga Rabu (10-18/9/2019). Kemudian Kamis hingga Sabtu (19-21/9/2019) verifikasi berkas dan Senin (23/9/2019) dokumen sudah diserahkan ke DPP. Setelah tahapan ini selesai akan ada komunikasi lebih lanjut dengan DPP terkait tahapan apa selanjutnya. “Setelah verifikasi di DPP akan digodok baru turunkan tim survei,” tuturnya.

Disinggung soal masih adanya incumbent yang diusung PDIP, yakni Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPC PDIP Kabupaten Serang James Tangka mengatakan, penjaringan tersebut, berlaku untuk semua orang termasuk internal PDIP dan incumbent. “Tidak ada perlakuan khusus karena jabatan. Jadi, semua terbuka saja,” katanya.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Serang Asmari berharap, pada penjaringan tersebut, semua kader anak bangsa bisa ikut serta baik internal maupun eksternal untuk membangun Kabupaten Serang. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here