Pilkada Kabupaten Serang 2020, Partai Politik Dorong Kader Internal Maju

SERANG, (KB).- Sejumlah pimpinan partai politik (parpol) mengatakan, akan mendorong kader internalnya untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang 2020. Untuk itu, sejumlah parpol kini telah memulai proses untuk penentuan siapa yang akan diusung dan melakukan komunikasi dengan parpol lainnya.

Ketua DPC PKS Kabupaten Serang Mansur Barmawi mengatakan, saat ini pihaknya sedang membuat tim pemenangan pilkada daerah. Karena, sesuai mekanisme yang ada di PKS tim tersebut harus dibuat.

“Jadi masing-masing tingkatan buat tim pemenangan pilkada, di internal kami tahapannya baru itu. Semalam baru rapat dan usulkan nama tim pemenangan pilkada kepada DPW PKS Banten, nanti buat SK, kalau sudah ada SK baru tim bekerja,” ujarnya kepada Kabar Banten saat ditemui di ruang komisi III, Kamis (11/7/2019).

Mansur mengatakan, rencananya di PKS akan dibuatkan satu program pemilihan umum internal (PUI) untuk menjaring aspirasi dari kader dan struktur siapa yang akan didorong maju. Dari PUI itu akan muncul nama-nama yang akan maju, kemudian akan ditanyakan kesiapan dan lainnya. “Insyallah kalau oke kita publikasikan,” ucapnya.

Ia menargetkan, dalam pilkada kali ini bisa memasang sebagai calon bupati atau A1. Namun demikian, untuk dapat mengusung, partainya tetap harus berkoalisi dengan partai lain. Sebab PKS hanya memiliki lima kursi. “Serba mungkin lah, sudah komunikasi dengan Golkar, PAN, PPP, yang adil makmur ada Gerindra, Demokrat dan Berkarya,” katanya.

Disinggung nama yang potensial untuk maju dalam pilkada, Mansur menyebut ada Najib Hamas, Gembong R Sumedi, Ustadz Sudarman atau bisa juga pengurus DPW dan DPP. Meski demikian, dirinyapun tak menutup kemungkinan ada calon dari eksternal yang akan maju.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Serang Wahyu Megahita mengatakan, untuk Demokrat ada beberapa nama yang mungkin bisa maju, dirinya (Wahyu Megahita), Eko Susilo, Aeng Haerudin dan Eki Baihaki. “Sementara baru terlihat empat orang,” ujarnya.

Disinggung soal mungkin adanya penjaringan, Mega mengatakan, masih harus melihat hasil rapat. Apakah dirapat ada penjaringan atau tidak, jika tidak ada maka kader internal yang dipastikan maju. “Tapi kalau ada ya penjaringan. Kita lihat koalisi seperti apa juga nantinya. Kayanya pilkada kali ini akan banyak yang muncul, saya kira selesai pileg pelantikan nanti, insyallah kita akan melawan,” tuturnya.

Sementara,Pengurus DPC PPP Kabupaten Serang Fajar Kharisma mengatakan, untuk saat ini partainya masih terus melakukan komunikasi dengan beberapa partai serta internal. Namun demikian untuk bisa memutuskan siapa yang akan maju dan akan didukung, masih harus menunggu keputusan DPP dan DPW. “Kemarin ada rakorwil juga, kita fokus ke mukernas dulu mungkin bulan ini,” ujarnya.

Namun demikian, pihaknya berharap ada kader internal yang bisa maju dalam helatan pilkada tahun ini. Disinggung akan berdampingan atau melawan, Fajar mengatakan, masih belum tahu.

“Nanti ada penjaringan, kita tawarkan ke internal dulu, tunggu hasilnya. Kalau komunikasi dengan parpol hanya ngomong santai dulu belum ada kesepakatan, harapan A1. Kalau sama calon lain hanya Wa saja tapi saya bilang silahkan komunikasi dengan ketua partai. Kalau yang potensial ada pak Heri Azhari sama pak Agus Setiawan,” tuturnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here