Pilkada Kabupaten Serang 2020: Pandji Daftar Bakal Calon Wakil Bupati, Pasangan Petahana Diisyaratkan Berlanjut

SERANG, (KB).- Pasangan petahana Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa diisyaratkan berlanjut dalam Pilkada Kabupaten Serang 2020. Isyarat keduanya akan kembali berpasangan, datang dari Pandji Tirtayasa, yang siap mendaftar sebagai bakal calon Wakil Bupati Serang ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa akan maju menjadi calon Wakil Bupati Serang pada Pilkada 2020. Oleh karena itu, kader PDIP tersebut akan mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati Serang di Kantor DPC PDIP Kabupaten Serang, Rabu (11/9/2019).

“Saya mau daftar. Insya Allah, Rabu (11/9/2019), saya ke sana ke PDIP,” ujar Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa kepada Kabar Banten, Selasa (10/9/2019).

Pandji mengatakan, dirinya akan maju sebagai calon wakil bupati. Disinggung soal komunikasi dengan PDIP, Pandji mengatakan dirinya merupakan kader PDIP. “Sebagai wakil. Besok (hari ini) saya ke sana. Kan saya kader PDIP, masa harus komunikasi lagi,” katanya.

Ia berharap PDIP masih memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk kembali maju di Pilkada Kabupaten Serang. “Mudah-mudahan. Saya tidak berani yakin (diusung), saya berharap PDIP masih percayakan saya. Mudah-mudahan Ibu (Ratu Tatu Chasanah) percaya saya,” ucapnya.

Terkait pilihannya maju sebagai calon wakil, Pandji beralasan bukan kapasitasnya jika harus maju sebagai calon bupati dan berhadapan dengan Bupati Serang saat ini Ratu Tatu Chasanah. “Saya merasa tidak dalam kapasitas A1 (calon bupati), dan kemudian Ibu (Ratu Tatu Chasanah) mau maju. Tidak etis saya berhadapan dengan pimpinan. Saya (ambil formulir) di PDIP saja,” tuturnya.

Tidak ada perlakuan khusus

Terkait kemungkinan petahana Pandji Tirtayasa yang mungkin maju kembali, Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPC PDIP Kabupaten Serang James Tangka mengatakan, penjaringan ini berlaku untuk semua orang, termasuk internal PDIP dan incumbent. “Tidak ada perlakuan khusus karena jabatan. Jadi semua terbuka saja,” ujarnya saat menggelar konferensi pers, Senin (9/9/2019).

Menyikapi PDIP yang sudah mulai membuka penjaringan, beberapa partai lain masih belum melakukan aktivitas serupa. Seperti PAN dan Demokrat yang masih menunggu waktu yang tepat untuk melakukan penjaringan.

Berbeda dengan PDIP yang sudah membuka pendaftaran, Partai Amanat Nasional (PAN) baru membuka pendaftaran dan penjaringan calon bupati dan wakil bupati Oktober mendatang. “Saya meyakini akan ada kader internal yang berpotensi maju dalam Pilkada Kabupaten Serang. “Insya Allah ada,” ucap Ketua DPW PAN Banten Masrori.

Disinggung soal namanya yang mungkin maju di Pilkada, Masrori mengatakan, dirinya siap untuk maju jika partai merestui serta didukung koalisi serta masyarakat. “Jika partai merestui, koalisi mendukung dan masyarakat mendukung bismillah. Saya sedang ingin dengar dulu dari masyarakat dan aspirasi internal,” ucapnya.

Dalam Pilkada 2020, dirinya belum bisa memastikan apakah akan berhadapan atau satu gerbong dengan petahana. “Saya belum bicara lebih jauh yah, baru bicara internal PAN. Kita tunggu keputusan internal dulu,” tuturnya.

Begitu juga dengan Partai Demokrat, belum membuka pendaftaran dan penjaringan calon bupati dan wakil bupati. “Kami belum melakukan penjaringan, karena Demokrat masih menunggu juklak dan juknis dari DPP. Mungkin setelah AKD (Alat Kelengkapan Dewan) selesai,” katanya.

Disinggung mulai banyaknya calon yang bermunculan, Mega mengaku saat ini sudah ada beberapa calon yang berkomunikasi dengan partainya. “Sudah ada (yang komunikasi),” ucapnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here