Pilkada Kabupaten Serang 2020, Bawaslu Mulai Seleksi Calon Panwascam

SERANG, (KB).- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Serang mulai menyeleksi calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Serang 2020.

Sebanyak 364 orang calon anggota tersebut mengikuti tes online berbasis Computer Assisted Test (CAT) di SMK Nurul Huda di Desa Sukamanah Kecamatan Baros, Jumat (13/12/2019).

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi pada Bawaslu Kabupaten Serang sekaligus Ketua Pokja Penerimaan Panwascam Sulyantarudin mengatakan, kegiatan tes online untuk calon anggota Panwascam ini menggunakan sistem CAT. Total peserta yang ikut ada 364 orang dan terbagi dalam empat sesi tes.

“Sesi satu sampai tiga masing-masing 100 orang, dan sesi empat 64 orang. Kalau yang daftar 372 ada beberapa yang menurut kami dinyatakan tidak lulus administrasi,” ujar pria yang akrab disapa Mastur ini, saat ditemui Kabar Banten di lokasi tes tersebut.

Ia mengungkapkan, dalam tes CAT ini tidak ada nilai passing grade atau standar kelulusan. Itu artinya semua peserta yang ikut CAT hari ini secara otomatis akan ikut dalam tahapan wawancara pada 14-17 Desember 2019.

“Kebutuhan tiga orang per kecamatan, berarti diambil dua kali jumlah kebutuhan. Kalau kebutuhan tiga jadi sama cadangan enam orang. Semua 87 orang kebutuhan kecamatan,” katanya.

Menurut Mastur, tes tersebut juga untuk menghindari adanya perjokian. “Tes ini untuk menghindari perjokian, kemudain, kita juga ingin lihat kemampuan mereka. Karena kita kerja bukan hanya manual tapi juga IT (Informasi dan teknologi),” katanya.

Dalam tes berbasis CAT tersebut, kata Mastur, soal yang ditanyakan dalam tes tersebut berkisar tentang pengawasan dan Pilkada 2020. Secara umum peserta yang ikut merupakan warga Kabupaten Serang.

Sebab salah satu persyaratan dalam pendaftaran harus berdomisili di Kabupaten Serang. “Kalau soal yang buat dari RI (Bawaslu pusat), kami hanya terima langsung,” ucapnya.

Ia mengatakan, saat awal pelaksanaan pihaknya menemukan sedikit kendala yakni server sempat lemot, sehingga peserta sulit untuk log in. Namun kendala itu sudah bisa diatasi. “Karena server dari RI (Bawaslu pusat). Serentak (Pelaksanaan tes) juga se Indonesia,” ujarnya.

Dirinya berharap anggota Panwascam yang nantinya terpilih dan mulai bekerja sejak Januari sampai November 2020 bisa bekerja secara total. Sebab pihaknya membutuhkan integritas dari anggota Panwascam tersebut. Kemudian pihaknya juga memastikan calon anggota tersebut tidak ada yang masuk partai politik.

“Kita masih tunggu tanggapan masyarakat, secara administratif sudah dicek dan dituangkan dalam surat pernyataan tidak terlibat parpol. Kalau tanggapan masyarakat ditemukan maka akan diberhentikan otomatis,” tuturnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here