Pilkada Kabupaten Serang 2020, 4 Kakak Beradik Bersaing Dapatkan Dukungan Gerindra

SERANG, (KB).- Empat orang kakak beradik yang semuanya mendaftar sebagai bakal calon Bupati Serang pada Pilkada Kabupaten Serang 2020, bersaing mendapatkan dukungan dalam penjaringan di Partai Gerindra. Empat bakal calon tersebut, yakni Wahyu Megahita dan Wahyu Papat JR serta Wahyudin Djahidi dan Syamsul Rizal Djahidi.

Diketahui sebanyak 17 bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Serang resmi mengikuti penjaringan di Partai Gerindra. Belasan calon tersebut, telah mengembalikan formulir pendaftaran yang dibuka hingga Jumat (15/11/2019).

Ketua Desk Pilkada DPC Gerindra Kabupaten Serang Kiwan Nuryadi mengatakan, sampai hari terakhir ini ada 17 bakal calon yang sudah mengembalikan formulir, terdiri atas 13 bakal calon bupati dan empat bakal calon wakil bupati.

Ke-13 orang tersebut, yakni Sulaiman Ridho (Gerindra), Ratu Tatu Chasanah (Golkar), Abdul Latif (Perseorangan), Lili Romli (Akademisi), Eki Baihaki (Demokrat), Wahyu Papat JR (PKB), H.M. Najib Hamas (PKS), Masrori (PAN), Syamsul Rizal (Gerindra), H. Wahyudin Djahidi (Perorangan), Wahyu Megahita Rohani (Demokrat), Masduki (Perorangan), dan H Sopwan (Gerindra).

Sementara, untuk posisi wakil, yakni Sarjudin (ASN), H Madroji (ASN), Pandji Tirtayasa (Petahana), dan H Nasrul (Perseorangan).

“Jumat (15/11/2019) ini merupakan hari terakhir. Tahapan selanjutnya kami desk Pilkada Kabupaten Serang 2020 menyerahkan berkas formulir pendaftaran yang kami terima dari masing-masing calon kepada desk pilkada provinsi. Adapun tahapan selanjutnya kami menunggu arahan dari desk pilkada provinsi,” katanya kapada Kabar Banten.

Ia membenarkan, jika dalam penjaringan kali ini ada empat kakak beradik yang turut serta. Menurut dia, adanya hal tersebut, merupakan keindahan tersendiri dari demokrasi.

“Itulah indahnya demokrasi, saya pikir semua punya hak untuk mengikuti kontestasi politik. (Kapan turunnya rekomendasi) itu belum kami ketahui, sehingga kami masih menunggu arahan untuk ke tahapan berikutnya,” ujarnya.

Ketua DPC Gerindra Kabupaten Serang sekaligus bakal calon Bupati Serang Syamsul Rizal Djahidi mengatakan, penjaringan yang dilakukan Gerindra ini baru pertama kali. Sebab, selama ini partainya tidak pernah membuka penjaringan.

Menurut dia, penjaringan ini dilakukan, untuk mencari putra-putri terbaik di Kabupaten Serang. “Yang pantas itu (dilihat) dari wawasan dan ilmunya. Kalau saya bukan orang-orang demokrasi, minimal nyari dulu,” ucapnya.

Sementara, Bakal Calon Bupati Serang Wahyu Megahita menuturkan, tidak menjadi masalah jika dalam helatan pilkada ini saudaranya Wahyu Papat juga turut mendaftar. Sebab, dia dan Wahyu Papat berbeda partai. “Enggak apa-apa, kan beda partai,” tuturnya.

Bakal Calon Bupati Serang Lili Romli mengatakan, dalam pencalonan tersebut, sudah berkomunikasi dan ambil formulir, di antaranya di PDIP, Gerindra, Demokrat, dan PAN. Meski untuk maju hanya butuh 10 kursi, namun karena dia berkomitmen untuk membangun bersama-sama Kabupaten Serang, maka lebih banyak yang mengusungnya akan lebih baik.

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tersebut menuturkan, untuk keputusan mengusung atau tidak dirinya, dia percaya Gerindra dan partai lainnya memiliki mekanisme internal untuk mengambil keputusan.

Namun, kata dia, sepanjang yang diketahuinya, Gerindra merupakan partai objektif yang akan melihat visi misi dan komitmen dari bakal calon.

“Kami serahkan ke Gerindra memutuskan siapa menurut Gerindra yang terbaik. Saya berharap, sayalah yang terbaik. Saya tidak akan ada intervensi (lobi pusat), visi misi singkat sudah saya serahkan. Walau singkat, tapi padat dan program tersebut yang selama ini tidak menjadi perhatian dari pemerintah sebelumnya. Saya punya keyakinan dengan program ini, lima tahun ke depan Kabupaten Serang bisa maju,” tuturnya.

Menurut dia, banyak PR yang harus segera dikerjakan. Sebab, Kabupaten Serang memiliki potensi dan sumber daya manusia (SDM) yang luar biasa. Oleh karena itu, diperlukan pemimpin visioner dan terbaik, sehingga bisa maju dan melesat seperti daerah lainnya di Banten. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here