Pilkada Kabupaten Serang 2020: 3 Partai Buka Penjaringan, Sejumlah Balon Galang Dukungan

SERANG, (KB).- Sejumlah bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Serang pada Pilkada Kabupaten Serang 2020 terus menggalang dukungan dengan mengikuti penjaringan yang dibuka oleh partai politik peserta pemilu. Hingga Ahad (10/11/2019), sudah ada tiga partai politik yang membuka penjaringan secara bersamaan yakni Gerindra, PAN dan Demokrat.

Bakal calon bupati dari kader Gerindra Sulaiman Rido mengatakan, saat ini dirinya fokus untuk ikut tahapan penjaringan. Setelah ini selesai baru akan melangkah ke lobi-lobi politik. “Kita masih penjaringan aja, kan masih ada partai lain yang belum buka penjaringan pasti kita akan ikut,” ujarnya kepada wartawan, belum lama ini.

Dirinya optimistis bisa diusung oleh partai-partai tersebut. “Harus optimistis dong, kalau enggak kenapa ikut daftar. Partai yang menilai, sementara baru tiga partai,” ucapnya.

Bakal calon lainnya Eki Baehaki mengatakan, dalam penjaringan ini dirinya akan mengikuti semua aturan partai. Ia pun sampai saat ini sudah mengikuti penjaringan di tiga partai politik, yaitu Gerindra, PAN dan Demokrat.

“Posisinya kan sekarang ada A1 dan A2 (bakal calon bupati dan wakil bupati), tapi sekarang saya gak mau jawab dulu. Tapi yang pasti sebenarnya saya sudah menyiapkan untuk A1 dan A2, formulirnya pun sudah diisi, tapi peluangnya lebih cenderung seberapa besar kita mendapat kursi,” ujarnya saat mengambil formulir di DPC Demokrat Kabupaten Serang.

Namun untuk mendapat dukungan dari partai, Eki sudah gencar melakukan komunikasi baik dari tingkatan DPC, DPD ataupun DPP. Hasilnya, kata dia, hampir semuanya positif. “Kita optimistis terus,” ujarnya.

Sementara, Ketua Desk Pilkada DPC Gerindra Kabupaten Serang Kiwan Nuryadi mengatakan, sejak dibukanya penjaringan pilkada pada 1 November, hingga Ahad (10/11/2019) sudah ada 10 bakal calon bupati dan wakil bupati yang mengambil formulir pendaftaran.

Namun dari jumlah tersebut, baru tiga bakal calon yang mengembalikan formulir pendaftaran. Antara lain Sulaiman Rido dari internal Gerindra, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Serang Sarjudin dan Wahyu Papat JR dari kader PKB.

“Setelah tahapan pendaftaran sampai tanggal 15 selesai, kita akan uji publik, kita akan buka forum dengan calon-calon,” ujarnya, Ahad (10/11/2019).

Sekretaris DPD PAN Kabupaten Serang Heri Triyana merilis, sampai dengan saat ini sudah ada delapan bakal calon yang mengikuti penjaringan di partainya. Antara lain, petahana Ratu Tatu Chasanah, Wahyu Papat JR dari PKB, Putra Mantan Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman yaitu Eki Baehaki.

Kemudian, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Serang Sarjudin, mantan Kades Pengarengan sekaligus kader Partai Gerindra Sulaiman Rido, Peneliti LIPI Prof. Lili Romli, Ketua DPW PAN Banten Masrori dan Ketua DPC Demokrat Kabupaten Serang Wahyu Megahita. “Yang mengembalikan formulir belum ada,” tuturnya.

Ia menuturkan, pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Serang ini mulai dibuka sejak 4 sampai 18 November.

Sekretaris DPC Demokrat Kabupaten Serang Ricki Fakhrizal mengatakan, pihaknya sudah mulai membuka penjaringan sejak 1 November sampai 23 Desember. Adapun yang pertama mengambil formulir Ketua DPC Demokrat Kabupaten Serang Wahyu Megahita Rohani, Eki Baehaki Nuriman, kader Gerindra Sulaiman Rido, Ketua DPW PAN Banten Masrori, Petahana Ratu Tatu Chasanah dan pengusaha muda Abdul Latif.

“Penjaringan ini kita berharap ada beberapa figur, yang kita utamakan dari figur internal partai, adapun yang dari luar kita akan tetap memverifikasi. Hasil akhirnya kita nunggu penggodokan dari DPC, DPD dan DPP,” ujarnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here