Pilkada Cilegon 2020, Partai Golkar Lirik Helldy

CILEGON, (KB).- Partai Golkar dan Partai Berkarya semakin harmonis jelang Pilkada Cilegon 2020. Seiring kemesraan dua parpol berlambang beringin itu, nama Helldy Agustian dilirik Partai Golkar untuk disandingkan dengan Ratu Ati Marliati dalam Pilkada Cilegon 2020.

Sekretaris DPD Partai Golkar Cilegon Sutisna Abbas mengatakan, partainya tengah menjalin komunikasi intensif dengan Partai Berkarya. Bahkan, komunikasi ini telah mengerucut hingga membahas Pilkada Cilegon 2020. “Beringin dengan beringin ini sedang menjalin komunikasi positif,” katanya.

Menurut Sutisna, kehadiran Partai Berkarya pada Pemilu Legislatif 2019 memang membawa perubahan besar pada peta politik Kota Cilegon. Oleh karena itu, pihaknya pun mulai penjajakan untuk kepentingan Pilkada Cilegon 2019 bersama Partai Berkarya.

“Kemungkinan terbentuk koalisi baru cukup besar, ini pengaruh dari hadirnya Partai Berkarya yang telah memenangkan kursi di Legislatif Cilegon. Untuk partai lain sifatnya cair lah, komunikasi tetap terbuka. Semoga semuanya akan berakhir pada sudut pandang yang sama, yakni demi Cilegon lebih baik,” ujarnya.

Ketua DPW Partai Berkarya Banten Helldy Agustian, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, komunikasi dua beringin ini telah terjalin selama beberapa bulan terakhir. “Semuanya dalam rangka penjajakan, sah saja kan. Berkarya bersilaturahim ke Golkar, tidak ada yang aneh, wajar-wajar saja,” tuturnya.

Namun menurut Helldy, belum ada pembicaraan siapa yang akan menduduki kursi Wali Kota Cilegon dan Wakil Wali Kota Cilegon. Helldy mengatakan, hal tersebut masih membutuhkan waktu lama. “Siapa C1 dan C2, belum lah, perjalanan masih panjang kok,” ucapnya.

Bukan hanya dengan Partai Golkar, kata Helldy, Partai Berkarya pun membuka peluang komunikasi dengan partai lain. Hal itu melihat dari kebutuhan kursi legislatif, dimana Partai Berkarya berhasil meraih empat kursi di DPRD Kota Cilegon.

“Di Pileg kemarin kan kami mendapatkan empat kursi, jadi butuh koalisi untuk maju. Atas dasar itulah, kami melakukan penjajakan. Tidak hanya dengan Golkar, dengan PDIP dan PKS pun sudah ada jalinan komunikasi,” katanya.

Meskipun begitu, Helldy menegaskan jika harapan berbagai pihak terkait Pilkada Cilegon 2020, adalah dirinya Wali Kota Cilegon. “Semua pihak bilang, saya kan Ketua DPW Partai Berkarya Banten. Jadi harapannya adalah C1,” ujarnya.

Koalisi Iman-Edi pecah

Sementara itu, koalisi partai yang terbentuk pada Pilkada Cilegon 2015 tampaknya pecah. Koalisi-koalisi baru dipastikan akan terbentuk karena kepentingan partai tidak lagi sama.

Pada Pilkada Cilegon 2015, Partai Golkar Kota Cilegon memboyong sembilan parpol untuk mendukung pasangan Iman Ariyadi-Edi Ariadi. Ketika itu, pasangan Iman-Edi berhasil meraih 77,37 persen suara rakyat, atau 135.204 suara atau menang atas pasangan Sudarmana – Marfi Fahzan dari jalur independen yang hanya 22,63 persen atau 39.538 persen.

Ketua DPC PDIP Kota Cilegon Reno Yanuar mengatakan, koalisi sama tidak akan terbentuk pada Pilkada Cilegon 2020 nanti. Alasan utama, kepentingan partainya pada pilkada nanti, berbeda dengan Pilkada Cilegon 2015.

“Berdasarkan keputusan partai, pada Pilkada Cilegon 2020 kan sepakat mengusung nama Reno Yanuar. Sehingga, dari partai koalisi nanti kan akan ada yang ikut gerbong kami, ada juga yang tidak. Sehingga koalisi lama tentu tidak akan terbentuk lagi,” katanya saat dihubungi melalui telepon genggam, Rabu (26/6/2019).

Ketua DPC PKS Kota Cilegon Abdul Ghoffar saat dikonfirmasi, membenarkan pernah menjalin komunikasi dengan Partai Berkarya. Namun ia membantah jika komunikasi tersebut berkaitan dengan pilkada. “Kami memang pernah berkomunikasi, tapi bukan untuk Pilkada 2020. Itu tentang kepentingan legislatif nanti. Jadi perihal pilkada, belum ada komunikasi,” katanya.

Kepada Kabar Banten, Ghoffar mengatakan, kemungkinan terjalinnya kembali koalisi Pilkada Cilegon 2015 masih abu-abu. Karena, pihaknya harus menunggu instruksi dari DPP. “Kalau kami, segala keputusan harus sesuai instruksi DPP. Sementara sampai sekarang instruksi ini belum ada,” ujarnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here