Pilkada 2020, Sejumlah Parpol Akan Buka Penjaringan ‘Balon’ Kepala Daerah

SERANG, (KB).- Sejumlah partai politik (parpol) akan membuka penjaringan untuk merekrut bakal calon kepala daerah yang diusung pada Pilkada kabupaten/kota tahun 2020. Penjaringan tersebut dilakukan secara terbuka untuk kader maupun eksternal partai.

Salah satu parpol yang akan melaksanakan penjaringan bakal calon adalah Partai Demokrat. Ketua Bapilu DPD Partai Demokrat Banten Azwar Anas menuturkan, pada Agustus 2019 pihaknya akan membentuk pokja untuk mengurus masalah pilkada 2020. Bulan berikutnya yakni September pihaknya akan mulai membuka penjaringan. “September udah mulai (penjaringan), ketika tahapan pilkada oleh KPU berjalan,” ujarnya.

Penjaringan bakal calon di partai berlambang mercy ini meliputi pendafataran, survey elektabilitas bakal calon dan putusan bakal calon yang diusung. Penjaringan dilakukan di masing-masing DPC yang menghadapi pilkada, hasilnya diserahkan ke DPD kemudian diteruskan ke DPD Demokrat. “(Penjaringan) terbuka buat semua,” katanya.

Ia menjelaskan, keputusan bakal calon yang diusung menjadi kewenangan DPP Demokrat. Keputusan ini didasarkan pada berbagai pertimbangan yang salah satunya hasil survey elektabilitas.

Begitu juga dengan Partai Golkar Banten seperti yang disampaikan Sekrtertis DPR PArtai golkar, Bahrul Ulum. Dia menuturkan, pihaknya juga akan membuka penjaringan pasca tahapan pileg selesai.

“Golkar akan memprioritaskan kader internal di seluruh daerah yg akan melakanakan pilkada, dan tahapannya kita menunggu selesai tahapan Pemilu 2019 yang pada saat ini masih ada yang berproses di Mahkamah Konstitusi (MK),” ucapnya.

Ia meyakini, partai besutan Airlangga Hartarto ini memikili stok kader yang banyak untuk bersaing dalam pilkada. “Semuanya kita akan prioritaskan kader,” katanya.

Mempersiapkan diri

Terpisah, Sekretaris DPW PPP Banten Iskandar menuturkan, pihaknya belum mengetahui kapan jadwal penjaringan bakal calon akan dilakukan. Sebab, sampai saat ini belum ada arahan dari DPP PPP.

“Juklak juknisnya belum ada, jadi kita tunggu saja beberapa bulan kedepan. Manakala ada juklak juknisnya, manakala ada perintah dari DPP kita akan buka penjaringan,” ujarnya.

Pihaknya telah meminta pengurus PPP kabupaten/kota yang menghadapi pilkada untuk segera mempersiapkan diri. “Tentunya pilkada 2020 kita akan mempersiapakn kader PPP yang terbaik, yang unggul, yang berkualitas dan yang siap segala-galanya,” ujarnya.

Terkait bakal calon yang diusung, partai berlambang kabah ini akan mempriorotaskan kader. “Kami (PPP) utamakan dan kita prioritaskan dari kader PPP sendiri. Tentu kita akan membuka penjaringan dan setiap pilkada punya mekanisme tersendiri,” ucapnya.

Terkait koalisi ia mengaku siap bergandengan dengan partai manapun. PPP sendiri sudah memiliki kader yang mumpuni untuk bersaing dalam pilkada. “Kami akan lihat situasi kondisi kalau memungkinkan kita maju, kalau tidak memungkinkan tentunya coba akan kita pelajari sejauh mana komitmen daripada incumbent. Kalau komitmennya jelas kita siap mendukung,” katanya.

Diketahui, ada empat kabupaten/kota di Banten yang akan melaksanakan pilkada pada 2020. Empat kabupaten/kota ini yakni Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Pandeglang. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here