Pilkada 2020 Diserahkan ke Daerah

SERANG, (KB).- Sejumlah panitia penyelenggara pemilu di Banten masih akan disibukkan dengan rutinitas pesta demokrasi, meskipun seluruh tahapan Pemilu Serentak 2019 telah selesai. Sebab, pada tahun depan, ada 4 daerah di Provinsi Banten yang tercatat harus segera mempersiapkan agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk menentukan calon bupati/wali kota periode 2020-2025.

Komisioner KPU Banten Eka Satya Laksmana merinci, 4 daerah yang akan menggelar pilkada tersebut, yakni Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Serang. Pihaknya, juga menyerahkan seluruh tahapan dan persiapan agenda tersebut kepada KPU kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada 2020.

“Ya, tahun depan masih ada pilkada 4 daerah lagi di Banten. Tapi, itu wewenang penuhnya ada di teman-teman KPU kabupaten/kota. Kami hanya melakukan koordinasi, konsolidasi, dan monitoring saja,” katanya kepada wartawan saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Senin (10/6/2019).

Ia menjelaskan, KPU Banten tidak memiliki kapasitas untuk mengambil alih pelaksanaan teknis Pilkada 2020 nanti. Sebab, menurut dia, semua persiapan dan perencanaan agenda tersebut, berada dalam wewenang KPU kabupaten/kota. “Sama halnya untuk anggaran, itu nanti akan bersumber dari APBD masing-masing kabupaten/kota,” ujarnya.

Meskipun hingga kini belum menerima keputusan resmi dari KPU RI terkait tahapan pilkada, namun berdasarkan informasi yang dia terima, agenda tersebut, akan digelar secara serentak pada September 2020. Untuk itu, dia menekankan, agar KPU di daerah bisa mulai bersiap menghadapi agenda lima tahunan tersebut.

“Untuk empat daerah itu, informasi-informasi yang kami dapat akan digelar September tahun depan. Tapi, persiapannya harus segera disusun dari sekarang. Karena, kalau sudah fix waktunya, berarti September tahun ini tahapannya akan dimulai,” ucapnya.

Diketahui, KPU RI telah memutuskan penyelenggaraan pilkada serentak tahun depan akan digelar pada September 2020. Saat ini, KPU RI juga sedang merancang peraturan KPU (PKPU) yang akan digunakan sebagai pedoman penyusunan kegiatan dan perencanan anggaran.

Di Banten sendiri, Pilkada Serentak 2020 yang diikuti 4 daerah, yakni Kota Cilegon, Kota Tangsel, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Serang. Masyarakat di keempat daerah tersebut, akan memutuskan untuk menentukan calon pasangan bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota di periode 2020-2025. (Rifat Alhamidi/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here