Pilkada 2020 di Banten, PKS Tawarkan Kader ke Petahana

SUASANA konferensi pers DPW PKS Banten di DPW PKS Banten, Kota Serang, Senin (27/1/2020).*

SERANG, (KB).- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menawarkan kadernya untuk mendampingi petahana di Pilkada Kabupaten Pandeglang 2020 dan Pilkada Kabupaten Serang 2020. Partai pimpinan M Sohibul Iman ini menyadari, dengan kiprah yang sudah lebih dulu petahana memiliki potensi untuk bisa kembali duduk.

Ketua PKS Wilayah Dakwah Banten – Jawa Barat (Wilda Banjabar), Ahmad Saikhu mengaku ditugaskan oleh DPP untuk turut serta memenangkan empat pilkada di Banten. Sosok yang harus didorong PKS merupakan kader internal.

”Insya Allah kita optimistis untuk kepemimpinan sekarang kita ikut serta dalam pilkada, dan kader menjadi peserta. Bahkan bukan hanya peserta tapi di empat ini menang,” katanya saat konferensi pers usai monitoring dan evaluasi DPW PKS Banten oleh PKS Wilda Banjabar. Konferensi pers dilaksanakan di DPW PKS Banten, Kota Serang, Senin (27/1/2020).

Pria yang juga mantan calon Wakil Gubernur Jawa Barat ini meminta PKS Banten mematangkan strategi. Sehingga pemenangan pilkada betul-betul bisa dicapai.

”Kita akan monitoring perkembangan karena dinamika akan terus berkembang cepat, sehingga diantisipasi cepat dengan lobi di tingkat pimpinan,” katanya.

PKS menjadikan empat pilkada di Banten sebagai prioritas dan akan diperjuangkan sekuat mungkin. PKS juga sudah mempersiapkan nama-nama kader yang diusung. Untuk Pandeglang dan Serang, PKS menyadari terdapat petahana yang secara kalkulasi wajar memiliki potensi menang. Mereka sudah lebih dulu berkiprah di tengah masyarakat sebagai pimpinan daerah. Untuk itu, PKS pun berniat menawarkan kader untuk bisa mendampingi petahana.

”Di Pandeglang kita tawarkan untuk mengambil kader (PKS sebagai pendamping). Begitu juga dengan Kabupaten Serang,” ujarnya.

Jika petahan menolak, pria yang juga Anggota DPR RI ini menegaskan PKS akan mengambil sikap.

”Sikap mengajukan kader untuk masuk bersama yang lain. Kita yakin solidaritas kader sedang baik-baiknya, mudah-mudahan modal untuk menang di pilkada di Banten,” katanya.

Senada, Ketua DPW PKS Banten Sanuji Pentamarta mengatakan, PKS menargetkan seluruh pilkada di Banten bisa menang dengan sosok calonnya kader internal. Dia tak menampik siap memasangkan kadernya dengan petahana jika diinginkan.

”Semua daerah jadi prioritas,” tuturnya.

Disinggung terkait sosok calon yang dianggap PKS memiliki popularitas berdasarkan hasil survei, ia mengatakan, untuk Pandeglang masih diduduki oleh petahana Irna Narulita. PKS juga sudah mempersiapkan kader untuk ditawarkan sebagai pendampingnya.

”Pandeglang tertinggi itu Bu Irna, pasangannya belum. PKS termasuk yang menyiapkan,” katanya.

Untuk Pilkada Kota Cilegon 2020 ada nama Helldy Agustian dan Ati Marliati. Saat ini PKS lebih banyak komunikasi dengan Helldy Agustian yang merupakan Ketua DPW Berkarya Banten.

”Komunikasi lebih maju dengan Berkarya tapi ini butuh pendalaman, untuk bisa dan kita menyiapkan mendampingi beliau dan bisa menang. Tapi ini masih dinamis,” ujarnya.

Sementara untuk pilkada Kabupaten Serang dia belum mengungkap siapa nama yang unggul berdasarkan survei. Mantan Anggota DPRD Banten ini hanya menyebut bahwa PKS sudah mulai intens komunikasi dengan Eki Baihaki.

”Kabupaten Serang Pak Najib (Hamas) sudah bicara dengan Eki. Dan sangat dinamis pembicaraan dengan Pak Eki,” ujarnya.

Selanjutnya, pada Pilkada Tangsel 2020 PKS sudah mempersiapkan dua nama kader yang akan dipilih menjadi bakal calon. Keduanya adalah mempersiapkan Rumaha Ben dan Siti Khodizah. Tangsel dianggap daerah yang paling berpotensi menang karena merujuk pada hasil Pemilu 2019 suara PKS termasuk yang unggul.

”Tangsel Ruhama dan Bu Khodizah, sedang pembicaraan dengan partai pendukung,” ujarnya.

Prinsipnya komunikasi politik PKS dengan partai dan bakal calon lain masih dinamis. Semuanya masih bisa berubah tergantung situasi yang terjadi.

”Kita serius ingin kader maju dan berpotensi menang, karena kita yakin kader bisa memberikan solusi terbaik kepada rakyat,” katanya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here