Pileg DPRD Kota Cilegon 2019, Golkar Masih Unggul

CILEGON, (KB).- Partai Golongan Karya (Golkar) untuk sementara masih unggul dalam perolehan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon 2019.

Diketahui, pada Pileg 2014, Partai Golkar menjadi juara dalam perolehan suara di Kota Cilegon. Atas raihan suara tersebut, Partai Golkar mendapat jatah 10 kursi wakil rakyat di DPRD Kota Cilegon masa bakti 2014-2019 dan berhak menempati kursi Ketua DPRD.

Berdasarkan data laman web situs KPU Kota Cilegon, Ahad (21/4/2019), hasil perhitungan sementara perolehan suara Pileg DPRD Kota Cilegon 2019, Partai Golkar Cilegon meraih 25,28 persen suara, disusul Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 15,59 persen dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 14,06 persen.

Kemudian, Partai Amanat Nasional (PAN) di urutan keempat dengan 12,5 persen suara. Persentase tersebut, didapat dari penghitungan sementara 124 tempat pemungutan suara (TPS) dari 1.214 TPS se-Kota Cilegon.

Komisioner KPU Kota Cilegon Eli Jumaeli menuturkan, pihaknya memiliki waktu 17 hari sejak Jumat (18/4/2019) untuk melakukan penghitungan suara. Hingga saat ini, perhitungan formulir C1 baru mencapai 20 persen. “Sekarang belum dihitung semua, masih 20 persen,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Ahad (21/4/2019).

Menurut dia, sesuai Peraturan KPU (PKPU), sistem perhitungan suara dilakukan satu hari satu kelurahan. Di mana saat ini, pihaknya belum mendapatkan perhitungan resmi dari masing-masing kecamatan. “Sekarang kan perhitungan masih di tingkat kecamatan. Kami pun belum mendapatkan keterangan resminya,” ujarnya.

Ia mengatakan, jika perhitungan suara tingkat Kota Cilegon diprediksi akan dilakukan awal Mei mendatang. “Kelihatannya sih di awal Mei, tapi kan sifatnya kondisional. Kami menunggu penghitungan suara di tingkat kecamatan selesai. Setelah itu, baru tingkat kota,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Golkar Kota Cilegon Sutisna Abbas menuturkan, Partai Golkar melalui hitungan simulasi sudah mengantongi sekitar 90 persen dari C1 dengan jumlah sekitar 60.000 suara dengan margin error 5 persen.

“Syukur alhamdullilah, Partai Golkar pada pemilu ini seperti tahun 2014 lalu masih mendapat kepercayaan di masyarakat dengan perolehan suara mencapai 60.000 sampai dengan saat ini dan asumsi perhitungan kursi yang kami dapatkan sekitar 13 kursi,” tuturnya.

Jumlah perolehan suara tersebut, kata dia, merupakan perjuangan keras seluruh tim baik relawan, sayap Partai Golkar, pengurus, dan semuanya. ”Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Kota Cilegon kepada Partai Golkar yang terus melakukan sinergitas dalam rangka pembangunan untuk kemajuan Kota Cilegon,” katanya.

Terpisah, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Cilegon Hasbi Sidik bersyukur atas perolehan suara yang signifikan. Menurut dia, meningkatnya perolehan suara tersebut, berkat bimbingan dari Ketua DPD Gerindra Provinsi Banten Desmon J Mahesa yang tidak pernah lelah memberikan semangat serta motivasi kepada kader dan pengurus Partai Gerindra.

“Yang pertama, kami bersyukur atas perolehan sementara yang menempatkan urutan kedua. Semua itu berkat bimbingan dan pembinaan yang cukup dari Ketua DPD Banten,” ujarnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada kader dan para pengurus baik Dewan Pengurus Cabang (DPC), Pengurus Anak Cabang (PAC) maupun ranting. Selain itu, juga kepada sayap partai serta relawan yang terus berjuang. Semoga wakil rakyat yang terpilih dari Partai Gerindra bisa menyejahterakan masyarakat Kota Cilegon, ucapnya.

Ia mengatakan, karena sifatnya masih perolehan sementara, pihaknya menunggu sampai penghitungan yang dilakukan oleh KPU Cilegon selesai. ”Jadi, kami juga masih menunggu, walaupun kami mempunyai hitungan tersendiri. Nanti kami akan mencocokan dan memvalidkan data-data di kami dengan hitungan KPU,” tuturnya. (HS/AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here