Senin, 10 Desember 2018

Pileg 2019, KPU Tetapkan Kota Serang Enam Dapil

SERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang telah menetapkan enam daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, sedangkan kursi di DPRD sebanyak 45 kursi. Komisioner KPU Kota Serang, Fierly Murdliyat Mabruri mengatakan, hal tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Pasal 191 Ayat 2 huruf F, yaitu jika jumlah penduduk kabupaten atau kota berjumlah antara 500.000 hingga 1.000.000 jiwa, jumlah kursi DPRD sebanyak 45 orang.

“Bahwa, untuk jumlah dapil dan jumlah kursi tetap sama, seperti pada Pileg 2014 lalu. Hanya terjadi perubahan alokasi kursi, di antaranya untuk dapil satu dan dua yang awalnya sembilan kursi menjadi delapan kursi,” katanya, seusai menggelar penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi pemilu di salah satu hotel Kota Serang, Ahad (11/2/2018).

Ia menjelaskan, dapil tiga dari awalnya enam terdapat penambahan menjadi tujuh kursi. Kemudian, dapil empat dari sembilan jadi sepuluh, sementara dapil lima dan enam tetap enam kursi. Sementara, di Kecamatan Serang yang mempunyai jumlah populasi sekitar 40 persen dipecah menjadi dua dapil, yakni 6 kelurahan untuk Dapil Serang I dan 6 kelurahan lainnya Dapil Serang II.

Sementara itu, 6 dapil di Kota Serang, yakni dapil I, terdiri dari 6 kelurahan di Kecamatan Serang, yakni Kelurahan Lopang, Unyur, Kaligandu, Terondol, Sukawana, dan Sumurpecung. Sementara, 6 kelurahan lainnya merupakan dapil II, terdiri dari Kelurahan Serang, Lontar Baru, Kagungan, Kota Baru, Cipare, dan Cimuncang. Untuk dapil III berada di Kecamatan Kasemen, dapil IV Kecamatan Curug dan Walantaka, dapil V Kecamatan Cipocok Jaya, serta dapil VI Kecamatan Taktakan. (Masykur/Job)***


Sekilas Info

Asyik Nyabu di Bahu Jalan Tol, Seorang Pria Diamankan

Petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Induk Ciujung menangkap seorang pria berinisial AB (36), warga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *