Pileg 2019, 4 Parpol Petahana Mendominasi Banten III

TANGERANG, (KB).- Empat partai politik (parpol) mendominasi perolehan saura dalam hasil hitung suara Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 yang di rilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), hingga Rabu (24/4/2019) sekitar pukul 21.00 WIB. Ketiga parpol itu adalah PDIP, PKS, dan Gerindra.

Berdasarkan hasil hitung KPU Pileg RI tingkat nasional yang sudah mencapai 10.39 persen, PDIP berada di posisi puncak dengan 19.127 suara. Di bawahnya, PKS 11.500 suara, Gerindra 10.580 suara, dan Partai Golkar 8.604 suara. Perolehan keempat parpol tersebut, berjarak cukup jauh dengan parpol di bawahnya seperti Demokrat yang meraih 5.737 suara dan PKB 5.655 suara.

Namun, di posisi berikutnya muncul kejutan dari PSI yang meraih 4.695 suara atau unggul dari PAN yang meraih 3.841 suara, Nasdem 2.871 suara, dan dua parpol petahana lainnya yakni PPP dengan 2.372 suara, dan Hanura dengan 1.121 suara.

Sementara itu, PKS Kota Tangerang mengklaim berada di peringkat tiga besar dalam Pileg 2019. Dari perolehan sementara, PKS berhasil mengamankan enam kursi di DPRD Kota Tangerang. Hal itu diungkapkan Ketua Media Center Tim Pemenangan Pemilu Daerah (TPPD) PKS Kota Tangerang Andi Windarto, Rabu (24/4/2019).

Keberhasilan tersebut berdasarkan data C1 yang didapat dari setiap TPS di Kota Tangerang bahwa partai besutan Sohibul Iman memperoleh total suara sah sebanyak 885.346 suara.”PDIP dengan perolehan suara 19,14 persen, Gerindra dengan perolehan suara 14,96 persen, PKS dengan perolehan suara 11,81 persen,” ujarnya,

Menurut Andi, partai yang lahir pada tahun 1998 ini dipastikan mengalami kenaikan dalam perolehan kursi di parlemen Kota Tangerang.”Jika sebelumnya PKS hanya mendapat 4 Kursi, ditahun ini kami memastikan mendapatkan 6 kursi,” ucapnya.

Andi mengatalan, posisi tersebut sekaligus akan bakal menempatkan PKS sebagai salah satu pimpinan untuk memperjuangkan suara rakyat di DPRD Kota Tangerang. Sedangkan untuk perolehan suara provinsi, dimana Kota Tangerang masuk dalam Dapil Banten 5 dan Dapil Banten 6, PKS Kota Tangerang juga mengukuhkan posisi di jajaran peringkat tiga besar.

“Dari perolehan suara Dapil Provinsi, maka PKS Kota Tangerang dipastikan meraih total dua kursi yaitu untuk perwakilan Dapil Banten 5 dan Dapil Banten 6 masing-masing satu kursi dengan rata-rata persentase perolehan suara sebesar 13,32 persen,” tuturnya.

Pantau rekapitulasi

Rekapitulasi suara yang kini sedang berlangsung di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terus dipantau para calon wakil rakyat. Bermodal form C1 Pleno hasil rekap tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), caleg-caleg pun ambil bagian untuk melakukan penghitungan manual secara pribadi.

Ketua DPD KNPI Kota Tangerang Periode 2015-2018, Rusdi, mengatakan, bersama tim pemenangan internalnya terus menghitung setiap angka yang berhasil diraihnya di Daerah Pemilihan atau Dapil wilayahnya yaitu Tangerang dan Karawaci.

Bersumber dari data yang dimilikinya yaitu mengacu pada formulir C1 Plano tingkat TPS, mantan Ketua KNPI Kota Tangerang yang juga pengurus kader Partai Golkar Kota Tangerang berjibaku menghitung angka real count suara pribadinya.

Rusdi mengaku kalau selama masa tahapan pemilu,dirinya bersama partai dan relawan pendukungnya mengoptimalkan silaturahmi diseluruh daerah pemilihan. “Silaturahmi dan persahabatan adalah bagian investasi terbesarnya, ditambah kekuatan membangun jaringan oleh para relawan yang telah bekerja secara olmaksimal,” ujar Rusdi.

Rusdi mengatakan kekuatan keluarga sahabat dan kehebatan para relawan membangun jaringan adalah sesuatu yang tidak terpisahkan dalam meraih suara pada pemilu legislatif tahun ini. “Belajar dari pemilu-pemilu sebelumnya, saya terus maksimalkan potensi persahabatan dan kekeluargaan, sehingga menjadi investasi tersendiri,” terangnya.

Dari hitungan pribadi berdasarkan data C1 Pleno TPS, lebih dari 6 ribu suara pribadi sudah diraih dan saat ini menjadi yang teratas di daerah pemilihannya untuk Partai Golkar. “Syukur Alhamdulillah, di internal Partai berdasarkan C1 Pleno TPS saya menjadi teratas dibanding kader Partai Golkar untuk dapil Tangerang dan Karawaci,”ucapnya.

Ia menjelaskan, pada kontestasi Pileg tahun ini lebih optimis dan bakal bisa meraih hasil maksimal bila dibanding pileg-pileg sebelumnya, semua itu berkat kerja sama semua elemen, baik partai, keluarga, relawan sahabat dan masyarakat. Kekuatan ini yang bisa mengalahkan kekuatan uang.

“Semua ini bisa diraih berkat kekuatan dan kekompakan persahabatan dan doa keluarga, semuanya dan harus saya akui, tidak semuanya bisa diselesaikan dengan uang untuk meraih hasil pemilu,” tukasnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here