Pikiran Rakyat dan Kabar Banten Salurkan Bantuan Korban Tsunami Selat Sunda

Yayasan Pikiran Rakyat menyalurkan bantuan untuk korban tsunami di Kabupaten Pandeglang, Minggu (30/12/2018). Bantuan diserahkan di Posko Relawan KAMMI Peduli di SDN 3 Labuan Kabupaten Pandeglang. Sehari sebelumnya pada Sabtu (29/12/2018) Kabar Banten Peduli juga menyalurkan bantuan untuk korban tsunami.

Ketua Yayasan Pikiran Rakyat H Baedarus secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut dan diteriam Ketua Posko Relawan KAMMI Peduli Wardian Dwi F. “Saya serahkan bantuan dari pembaca Pikiran Rakyat dan juga masyarakat Jawa Barat. Termasuk juga dari CIMB Niaga Syariah. Mudah-mudah bisa membantu para korban bencana tsunami,” kata Baedarus didampingi pengurus Yayasan Pikiran Rakyat Meiwansyah Sinaga.

Ia menuturkan sejak kejadian tsunami di Banten banyak masyarakat Jawa Barat yang mempercayakan kepada Yayasan Pikiran Rakyat dengan menitipkan bantuan seperti pakaian, alat-alat perlengkapan bayi, baju koko, selimut, dan barang-barang lainnya.

Menurut Baedarus, pengiriman bantuan ini bukan yang pertama tetapi juga akan ada bantuann-bantuan lain. “Oleh karena itu, kami meminta data relawan apa saja yang saat ini dibutuhkan korban bencana tsunami,” tuturnya.

Ketua Posko Relawan KAMMI Peduli Wardian mengatakan saat ini bantuan yang sangat dibutuhkan korban tsunami yakni tenda, makanan siap saji dan juga bahan makanan seperti beras dan gula pasir serta bahan kebutuhan pokok lainnya.

Wardian berterimakasih atas kepercayaan Yayasan Pikiran yang mempercayakan menitipkan bantuan kepada Posko Relawan KAMMI Peduli. “Setelah kami sortir nanti langsung akan kami salurkan ke sejumlah lokasi terdampak bencana tsunami baik yang ada di Labuan, Carita maupun Sumur,” katanya.

Ia menuturkan sebelumnya juga pihaknya menerima bantuan dari Kabar Banten Peduli. “Bantuan dari Kabar Banten sudah kami salurkan pada Sabtu (29/12/2018) malam,” ucapnya.

Pemimpin Redaksi Kabar Banten Maksuni Husen mengatakan bantuan yang diberikan berasal dari karyawan PT Fajar Pikiran Rakyat (Kabar Banten) dan juga dari titipan sumbangan dari relasi Kabar Banten. “Kami awalnya hanya spontan menggalang donasi dari internal karyawan Kabar Banten. Tapi dalam perkembangannya ada juga relasi dan pembaca Kabar Banten ikut menyumbang dengan menitipkan ke Kabar Banten,” katanya.

Ketua Kabar Banten Peduli Ratu Nila Ratmasari berterimakasih kepada para donator yang telah mendonasikan bantuan untuk korban bencana tsunami dalam bentuk uang maupun barang seperti pakaian layak, perlengkapan bayi, air mineral dan sebagainya. “Kami juga bersinergi dengan Relawan Kampung dan SMPN 1 Kota Serang dalam membantu korban bencana tsunami,” tutur Nila.

Sementara itu dalam pantauan Kabar Banten, Minggu (30/12/2018), distribusi bantuan untuk korban bencana tsunami terus mengalir dan makin meningkat. Sepanjang perjalanan Labuan, sejumlah mobil truk, mobil pribadi yang mengangkut bantuan tampak beriringan ke lokasi-lokasi daerah terdampak bencana baik yang menuju Labuan, Tanjung Lesung, Carita maupun Sumur. Sejumlah posko pengungsian juga masih banyak ditempati warga karena masih takut kembali ke rumahnya. (Ade Taufik)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here