Pick Up Dihantam Kereta Api Merak-Rangkasbitung

SERANG, (KB).- Sebuah kendaraan pick up Suzuki Carry A 8779 AF ringsek dihantam kereta api (KA) 465 jurusan Merak-Rangkasbitung di perlintasan rel kereta api tak berpalang pintu di Kelurahan Sumur Pecung, Kota Serang, Ahad (12/5/2019).

Kejadian tersebut tak memakan korban jiwa. Namun, Suanto (54), pengemudi kendaraan yang tinggal tak jauh dari lokasi kejadian harus dilarikan ke RS Sari Asih karena mengalami luka parah di bagian kepala.

Informasi yang diperoleh, insiden kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu, mobil pick up yang dikemudikan Suanto mengangkut tabung gas elpiji melintas di jalur rel kereta api tanpa palang pintu.

Diduga tidak hati-hati saat mengemudikan kendaraannya karena hendak pulang ke rumah. Sebelum tiba di ujung perlintasan, tanpa disadari oleh Suanto tiba-tiba KA 465 datang dengan kecepatan tinggi dari arah Stasiun Serang dan langsung menghantam kendaraannya.

Jarak yang cukup dekat itu pun tidak memungkinkan untuk korban menghindar dari tabrakan tersebut. Akibatnya, mobil yang dikendarai korban terseret hingga beberapa meter dari lokasi tabrakan.

Tidak berhenti di situ, mobil pick up Suanto yang dihantam KA 465, kemudian ikut terseret hingga membentur keras ke arah Toyota Rush hitam A 1408 AN yang tengah terparkir di pinggir jalan. Kedua kendaraan ini pun akhirnya mengalami rusak parah.

“Keretanya udah deket, mobilnya baru lewat. Kayaknya nggak kelihatan kalau kereta udah deket. Kalau yang Rush, memang dari semalam sudah terparkir di situ. Kalau enggak nabrak Rush, mungkin sudah mental keseret kereta,” ujar Harun, seorang saksi mata kepada wartawan saat ditemui di lokasi kejadian.

Ditemui di lokasi yang sama, Pawas Polsek Serang Iptu Sunardi mengatakan, selain kedua kendaraan rusak parah, KA 465 jurusan Merak-Rangkasbitung juga mengalami kerusakan di bagian mesin. Akibatnya, kereta api tersebut tidak bisa melanjutkan perjalan pasca insiden kecelakaan itu.

Bahkan berdasarkan pantauan, proses evakuasi berlangsung cukup lama. Hingga pukul 13.30, KA 465 akhirnya ditarik ke Stasiun Serang dan seluruh penumpang langsung dievakuasi ke armada terdekat. “Untuk proses evakuasi, kami mau tarik keretanya kembali ke stasiun, dan penumpang akan dialihkan setelah tiba stasiun,” kata dia. (Rifat Alhamidi/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here