PHRI Banten Minta Sosialisasi Pariwisata Digencarkan

Ahmad Sari Alam, Ketua PHRI Provinsi Banten.*

SERANG, (KB).- Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banten meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang lebih gencar menyosialisasikan pariwisata di daerahnya. Hal tersebut, agar tingkat kunjungan wisatawan saat libur Lebaran tinggi.

Ketua PHRI Banten Ahmad Sari Alam mengatakan, dilihat dari penurunan aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK), kemudian saat ini tim juga sudah melakukan pemasangan alat pendeteksi tsunami. Sehingga, dari sisi marketing pariwisata ada kesempatan yang baik. Hal tersebut perlu dimanfaatkan oleh Pemkab Serang.

“Pemda harus mempersiapkan sosialisasi atau promosi jauh-jauh hari. Sebab, insya Allah setelah Lebaran akan meningkat kunjungan wisatawan, walaupun tidak signifikan,” katanya kepada wartawan, Jumat (10/5/2019).

Ia menuturkan, menjelang Lebaran dan setelah Lebaran mempunyai banyak harapan untuk meningkatkan kunjungan pariwisata. Meskipun tidak begitu maksimal atau okupansinya di atas 50 persen terisinya. Sementara, hingga saat ini, dia menilai, upaya yang dilakukan pemerintah masih belum jelas.

“Padahal, ada peluang, walaupun tidak banyak. Tapi, kan pemerintahnya juga kurang maksimal dalam melakukan promosi-promosi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga ikut berupaya, agar tingkat kunjungan wisatawan khususnya di Anyer meningkat. Selain itu, stakeholder juga diminta untuk terus melakukan upaya-upaya lain terkait hal tersebut. “Sebagai stakeholder kan berupaya, agar bisnis-bisnis pariwisata dapat berjalan dengan baik. Step by step saja, karena setelah Lebaran ini kan mempunyai harapan,” ucapnya.

Menurut dia, setelah Lebaran merupakan waktu yang sudah digunakan masyarakat untuk berlibur. Terlebih lagi, karena proses pilpres telah usai. Apalagi daerah Anyer memiliki potensi tinggi sebagai daerah tujuan wisata, setelah Pantai Pangandaran.

“Wilayah kami kan memiliki potensi sebagai tujuan wisatawan. Terutama di Anyer, karena pilihannya selain di Pantai Pangandaran, ya mereka lari ke Selat Sunda,” tuturnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here