Rabu, 16 Januari 2019
Kondisi Gunung Anak Krakatau saat erupsi, Ahad (9/12/2018).*

PHRI: Anyer dan Gunung Anak Krakatau Aman Dikunjungi

SERANG, (KB).- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang meminta wisatawan tidak khawatir berkunjung ke tempat wisata Anyer, karena adanya peningkatan aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK), belakangan ini. Menurut PHRI, Pantai Anyer maupun GAK aman dikunjungi.

Hal tersebut dikatakan Humas PHRI Kabupaten Serang, Mohammad Sah saat Anyer Krakatau Media Fun Tour, Ahad (9/12/2018). Dalam acara tersebut, PHRI mengajak pelaku wisata dan awak media berkunjung ke GAK di Selat Sunda.

Ia mengatakan, acara tersebut menindaklanjuti pemberitaan di media sosial yang menyatakan, bahwa aktivitas GAK mengkhawatirkan. Akibat berita tersebut, pengusaha hotel dan restoran di kawasan Anyer-Cinangka mengalami penurunan kunjungan wisatawan ke Anyer, khususnya wisatawan lokal.

“Dengan adanya isu aktivitas GAK di media sosial, membuat kunjungan wisata menurun. Tentunya ini sangat berdampak kepada kami,” katanya. Bahkan, tutur dia, sejumlah wisatawan yang telah memesan hotel dan perjalanan wisata telah membatalkan pesanannya akibat berita tersebut.

“Maka, kami bermaksud mengajak rekan media dan pelaku wisata untuk langsung mengunjungi sekaligus melihat aktivitas GAK,” ujarnya.

Menurut dia, aktivitas GAK sama sekali tidak memengaruhi Kawasan Wisata Anyer. “Jadi, para wisatawan tidak perlu khawatir untuk berkunjung ke Anyer. Karena, GAK ini justru sangat indah dan cukup aman untuk dikunjungi,” ucapnya.

Dengan aktifnya GAK, banyak wisatawan asing yang berkunjung untuk melihat keindahan lahar yang keluar dari perut bumi. “Justru ini menjadi pertunjukan menarik bagi wisatawan yang berkunjung,” katanya.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Serang, Sobri menuturkan, dengan melonjaknya pemberitaan media sosial yang bereaksi negatif terhadap aktivitas GAK, kunjungan wisatawan menurun drastis. “Ini yang menjadi kendala kami. Karena, HPI sendiri melakukan jualan perjalanan wisata di media sosial,” ujarnya.

Ia menjelaskan, para wisatawan yang akan berkunjung ke Anyer sangat aman. “Jangankan Anyer, ke GAK pun sangat aman. Dengan catatan jarak aman maksimal sekitar 2 hingga 3 kilometer dari GAK,” ucapnya.

Ia dengan pihaknya beserta PHRI mengajak seluruh pelaku wisata dan rekan media untuk memberi tahu dan mengabarkan kepada seluruh masyarakat, bahwa Anyer sangat aman untuk dikunjungi. (Rizki Putri)*


Sekilas Info

Berwisata Edukasi di Museum Multatuli dan Perpustakaan Saija Adinda

Selain ragam potensi wisata alam yang dimiliki, Kabupaten Lebak memiliki sejumlah destinasi wisata buatan, baik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *