Selasa, 18 Desember 2018

Petani Didorong Tanam Bunga Refugia

PANDEGLANG, (KB).- Dinas pertanian (Distan) Pandeglang mendorong agar petani menanam bunga refugia disekitar areal tanaman padi. Karena selain ekonomis dan efisien, tanaman bunga refugia dinilai efektif mencegah berbagai jenis hama yang menyerang tanaman padi.

”Kita terus berupaya mendorong petani agar terbiasa menanam bunga refugia di sekitar areal tanaman padi miliknya. Alhamdulillah, saat ini petani sudah mulai terbiasa dengan prilaku menanam bunga tersebut,” kata Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Distan Pandeglang, Nasir MD, Jumat (2/3/2018).

Menurutnya, bunga refugia dinilai sangat efektif dalam mengusir serangan hama padi. Menanam bunga refugia sebagai cara mengusir hama juga sangat ekonomis dan efisien, karena tidak memerlukan biaya produksi yang cukup tinggi dibanding menggunakan obat-obatan atau insektisida.

Cara mengusir hama semacam ini juga lebih alami dan ramah lingkungan. ”Tanaman jenis refugia yang ditanam, yaitu bunga matahari, wijen, kenikir dan kedelai. Selain berfungsi mencegah hama, tanaman ini juga kan memiliki nilai ekonomis,” ucapnya.

Sebagai upaya mendorong petani menanam bunga refugia, pemerintah sudah menyalurkan bantuan bibit tanaman bunga refugia kepada para petani. Diharapkan bibit bunga refugia yang sudah disalurkan bisa dimanfaatkan. Sehingga risiko gagal panen akibat serangan hama bisa dicegah.

”Petani bisa memanfaatkan keberadaan tanaman berbunga di sawah sering disebut refugia ini. Refugia sendiri merupakan intervensi ekosistem dengan menyediakan rumah untuk pemangsa hama. Tanaman yang berfungsi sebagai refugia bermacam-macam,” katanya. (PG)***


Sekilas Info

Mahasiswa Tewas Terlindas Bus

PANDEGLANG, (KB).- Kecelakaan maut sepeda motor dengan bus terjadi di Jalan Raya Lintas Timur AMD, Kampung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *