Pesona Pulau Empat yang Eksotis nan Memesona

DESTINASI wisata di Provinsi Banten terbilang sangat lengkap. Apa yang tidak ada di Banten, mulai dari wisata pantai sebut saja Anyer yang begitu termahsyur, wisata kuliner, wisata alam, wisata religi, hingga wisata pulaunya.

Sebagai negara kepulauan tidak heran jika Indonesia memiliki ratusan destinasi wisata yang berupa pulau-pulau kecil di setiap pesisir pulau-pulau besar di Indonesia. Salah satu kawasan yang juga memiliki puluhan gugusan pulau-pulau kecil nan indah adalah Banten.

Pulau-pulau kecil di Banten menawarkan keindahan yang begitu memesona. Pulau Empat salah satunya. Seperti dikutip dari bantenwisata.co.id, Pulau Empat awalnya disebut sebagai Pulau Pamujan Kecil. Namun setelah munculnya pulau kecil di dekatnya yang disebut dengan Pulau Lima, pulau ini kemudian lebih banyak disebut sebagai Pulau Empat oleh warga sekitar. Mengikuti pula pulau di dekatnya yaitu Pulau Mojan Besar sebagai Pulau Tiga.

Pulau Empat ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Pulau Tiga yang didominasi oleh karang-karang laut. Pulau Pamujan Kecil ini terletak di sekitar kawasan teluk Banten, luasnya hanya sekitar 2 hektare. Dari Kota Serang, Pulau Empat kira-kira berjarak sekitar 15,3 kilometer.

Dari dermaga Karangantu letaknya lebih dekat dibandingkan Pulau Tiga. Pulau kecil nan indah ini tidak berpenghuni tetap, saat mengunjunginya Anda akan merasa seperti memiliki pulau pribadi bersama sanak famili atau teman-teman.

Selain gazebo-gazebo tempat beristirahat, di atas pulau ini juga terdapat sebuah hutan dan semak yang masih terjaga keasriannya. Para pelancong bisa melihat penghuni-penghuni asli Pulau Empat yaitu monyet-monyet yang kerap berkeliaran di sekitar hutan dan pantai.

Sebagaimana pulau-pulau lainnya, Pulau Empat juga menawarkan panorama yang sangat indah baik alam maupun buatan manusianya. Dari panorama alamnya tentu saja tidak usah diragukan lagi, air laut yang jernih, ekosistem bawah laut yang menawan, dan gulungan ombak yang memikat menjadi keunggulan Pulau Pamujan Kecil ini. Jembatan kasih sayang adalah salah satu spot buatan pengelola pulau yang juga menjadi salah satu tempat yang cocok untuk mengabadikannya.

Untuk menuju ke pulau ini Anda tidak perlu bingung karena rutenya hampir sama dengan perjalanan menuju ke Pulau Tiga. Anda hanya perlu untuk menuju ke Pelabuhan Karangantu yang juga tidak terlalu jauh dari Kota Serang. Kemudian, dari Pelabuhan Karangantu Anda hanya perlu menempuh waktu perjalanan sekitar 30 menit untuk bisa tiba di pulau Empat. (Rifki)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here