Selasa, 11 Desember 2018

Pesilat Banten Akan Ikuti Silat Internasional

Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Banten memastikan akan mengirim pesilatnya, dalam Kejuaraan Internasional Seni Budaya Silat 2019. Hal tersebut dipastikan setelah Banten menyabet sebagai juara umum pada Festival Nasional Pencak Silat 2018 di Museum Nasional Banten, Jumat (16/11/2018).

“Kami akan ikuti kejuaraan dunia (pencak silat),” ujar Ketua Pengprov IPSI Banten, Ajat Sudrajat saat dikonfirmasi wartawan, Ahad (18/11/2018).

Ia mengatakan, keikutsertaan pesilat Banten dalam event tersebut merupakan prestasi yang membanggakan. Oleh karena itu, pesilat Banten harus terus mengasah kemampuannya dan jangan lengah, karena akan berkompetisi di level internasional.

“Jangan lengah (kepada pesilat Banten), kami akan mewakili Indonesia ke depan bukan mewakili Banten lagi,” ujar Ajat kepada wartawan, Ahad (18/11/2018).

Ia menuturkan, event kejuaraan internasional tersebut sebelumnya disampaikan oleh Wakil Ketua Pengurus Besar (PB) IPSI Edhi Prabowo, saat menghadiri acara Festival Nasional Pencak Silat 2018. Mengenai waktu pelaksanaannya belum diketahui. “Kami masih menunggu informasi lagi dari PB IPSI,” tutur Ajat.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima sudah ada tiga negara yang siap menyelenggarakan event seni budaya pencak silat 2019. Ketiga negara tersebut yakni Uni Emirat Arab, Malaysia dan Singapura. “Masih menunggu (informasi) apakah di Dubai (Uni Emirat Arab) atau Singapura dan Malaysia. Kami masih menunggu jadwal dari PB IPSI,” ucap Ajat.

Ia tidak menampik tidak seluruhnya pesilat Banten yang menjadi juara pada Festival Nasional Seni Pencak Silat 2018 diikutsertakan. Sebab, PB IPSI kemungkinan akan mengikutsertakan pesilat lain di luar Banten yang memiliki potensi.

“Mungkin PB IPSI ada kemasan lain (pesilat luar Banten), kami tidak tahu apakah nanti ada gabungan atau memang murni dari Banten. Kami harap dari Banten semua, karena yang menang di sini (kejuaraan) Banten,” tutur Ajat.

Ia menuturkan, dalam menumbuhkembangkan seni budaya pencak silat di Banten, dibutuhkan sinergi antara Pengprov IPSI Banten dengan berbagai pihak. Sebab, Pengprov IPSI Banten tidak bisa bekerja sendiri. “Butuh dukungan semua pihak, baik pemerintah daerah, stakeholder, swasta dan insan pecinta pencak silat,” kata Ajat. (Fahmi Sa’i)*


Sekilas Info

Banten Tuan Rumah Pra-PON Basket

SERANG, (KB).-¬†Pelaksanaan babak prakualifikasi Pekan Olah raga Nasional (Pra-PON) 2019 cabang olahraga basket dipastikan diselenggarakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *