Pesantren Kilat Bentuk Karakter Siswa

Berbagai kegiatan positif dilakukan untuk mengisi Bulan Suci Ramadan. Salah satunya pesantren kilat yang dilakukan SD Negeri 3 Kramatwatu. Sesuai namanya, pesantren kilat merupakan giat keagamaan di sekolah yang dilakukan secara singkat.

Kepala Sekolah SD Negeri 3 Kramatwatu H Tsabit mengatakan, kegiatan tersebut, untuk meningkatkan mutu pendidikan siswa. Selain itu, diharapkan akan dapat meningkatkan nama baik dan eksistensi sekolah.

“Manfaat dari kegiatan ini, adalah sangat positif dengan membentuk karakter siswa yang agamis dan berakhlakul karimah, peduli sesama dan mandiri,” katanya, Jumat (10/5/2019).

Ia menjelaskan, pesantren kilat tersebut diisi dengan kegiatan Salat Duha, tadarusan dan tauziah, pemberian materi keagamaan, belajar sedekah dan pildacil. “Pesertanya dari kelas 3-6 sebanyak 200 siswa dan berlangsung dari Rabu hingga Jumat 8-10/5/2019),” ujarnya.

Salah satu peserta pesantren kilat Alfa Gifari Maulidi senang dengan kegiatan tersebut, karena cita-citanya ingin menjadi mubalig yang berprestasi. “Mau jadi ustazah,” ucapnya.

Sementara, Kasubag TU Kecamatan Kramatwatu Almuksin menuturkan, pesantren kilat merupakan kegiatan yang memadukan antara belajar agama dan bermain.

“Kegiatan ini sangat baik dengan metode pembelajaran dan bermain. Ke depan perlu ditingkatkan lagi, terutama harus banyak praktiknya ketimbang teori ke siswa, baik tata cara salat maupun memotivasi untuk gemar membaca Alquran dengan metode tahfidz yang mudah dipahami seperti yang diajarkan tadi,” tuturnya.

Ia mengharapkan, siswa dapat tertarik untuk mempraktikkan sembari menumbuhkan minat bakat anak. “Sambil mencari bibit qari dan mubalig terbaik Kramatwatu untuk dipersiapkan di ajang lomba yang bisa mengharumkan syukur-syukur hingga ke tingkat nasional,” katanya. (Dindin Hasanudin)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here