Sabtu, 17 November 2018

Pesantren Daar El-Qolam Rayakan Milad Ke-50

PONDOK Pesantren Daar El Qolam menggelar berbagai kegiatan menyambut milad pondok ke-50. Berbagai kegiatan yang digelar tersebut sebagai bentuk rasa syukur usia pesantren yang sudah menginjak 50 tahun. “Hingga saat ini Pondok Pesantren Daar El Qolam masih tetap eksis mengemban visi dan misinya sebagai lembaga pendidikan Islam,” kata Koordinator Acara, Saeful Bahri kepada Kabar Banten, Senin (15/1/2018).

Ia mengatakan, adapun sejumlah event yang akan diselenggarakan, antara lain jambore dan raimuna antar pesantren se-Jawa dan Sumatera. Lalu, ada kegiatan alam refleksi dan tayangan film dokumenter 50 Tahun Daar El Qolam. Kemudian, ada kegiatan apel peringatan milad, silaturahim nasional dan sarasehan internasional forum pimpinan pesantren alumni Gontor dan Gintung, reuni akbar alumni Daar El Qolam, Daar El Qolam expo, serta hiburan masyarakat yang akan menampilkan Rhoma Irama dan Soneta Grup. “Semuanya akan meramaikan milad ke-50 pesantren kami. Ini juga bisa menjadi ajang silaturahim,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan tersebut juga sebagai ungkapan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang memercayai Daar El Qolam sebagai tempat menggali ilmu pengetahuan. Daar El Qolam telah berdiri pada 20 Januari 1968 yang didirikan Kiai Haji Ahmad Rifa’i Arief.  “Ini merupakan salah satu pesantren terbesar di Provinsi Banten dan kini dihuni lebih dari 5.500 santri,” ucapnya.

Ia menjelaskan, ribuan santri yang datang ke Pondok Pesantren Daar El Qolam tersebut datang dari berbagai daerah di Indonesia. Rangkaian acara kegiatan milad ke-50 tahun ini akan berlangsung mulai Senin hingga Senin (15-22/1/2018). “Beberapa tokoh juga akan menghadiri acara ini, seperti Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhyono, kemudian yang akan membuka acara silaturahim nasional, yaitu pimpinan pesantren alumni Gontor dan Gintung,” tuturnya.

Kemudian, dia menuturkan, hadir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Efendi, Menteri Agama, Lukman Hakim Saefudin, Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir, dan Yusril Ihza Mahendra. Tokoh-tokoh tersebut akan mengisi acara sarasehan para kiai. “Seluruh acara akan digelar di Daar El Qolam. Milad kali ini mengusung tema “Menjaga Amanah, Merawat Tradisi, Merespons Modernisasi”. Mudah-mudahan acara akan berjalan dengan lancar dan pesantren kami akan terus memberikan ilmu dan manfaat untuk seluruh masyarakat di Indonesia,” katanya. (Tresna)***


Sekilas Info

Panggung Budaya, Rektor Untirta Baca Puisi Sultan Ageng Tirtayasa

SERANG, (KB).- Rektor Untirta Prof. Dr.Sholeh Hidayat, M.Pd, turut berpartisipasi pada acara Panggung Budaya memperingati Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *