Pertumbuhan Lembaga Pendidikan Berperan Tuntaskan Wajardikdas

LEBAK, (KB).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak mendorong pertumbuhan lembaga atau yayasan pendidikan. Sebab, pertumbuhan lembaga pendidikan dapat berperan dalam menuntaskan program wajib belajar pendidikan dasar (wajardikdas) sembilan tahun.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Lebak Wawan Ruswandi mengatakan, pihaknya sangat bersyukur apabila ada lembaga atau yayasan peduli terhadap pendidikan dengan membuka kegiatan pendidikan untuk mendorong belajar di masyarakat.

“Tentunya kami sangat bersyukur apabila ada lembaga ataupun yayasan peduli terhadap pendidikan dengan mendirikan pendidikan untuk mendorong belajar di masyarakat,” kata Wawan Ruswandi kepada Kabar Banten, di Rangkasbitung, Senin (7/10/2019).

Pada saat mendirikan yayasan, dia menyarankan pihak pengelola lembaga ataupun yayasan harus dapat membangun sekolah yang layak, sehingga memenuhi syarat. Dia menyebutkan, ada tiga syarat kelayakan dalam mendirikan atau membangun pendidikan itu.

Ketiga syarat itu, sarana dan prasarana, tim pengajar atau tenaga pendidik dan siswa yang cukup. “Apabila ketiga syarat kelayakan itu dipenuhi, tentunya pendidikan yang dibangun akan berjalan baik dan memenuhi standar yang telah ditetapkan,” ujar Wawan.

Dia mengatakan, saat ini yang berkembang di Kabupaten Lebak seolah satu atap yaitu kelas jauh dan sekolah filial. “Saat ini ada model sekolah tumbuh yang telah berkembang di Lebak seperti sekolah satu atap, kelas jauh, dan filial. Sekolah seperti ini tentu sangat mendukung pengembangan pendidikan di masyarakat,” tuturnya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here