Persyaratan Belum Lengkap, Pelantikan Ratu Ati Marliati tak Bisa Diproses

SERANG, (KB).- Berkas usulan pelantikan Ratu Ati Marliati sebagai Wakil Wali Kota Cilegon tidak bisa diproses kembali. Sebab, berkas persyaratan berupa rekomendasi partai pengusung dari tingkat pusat sampai saat ini masih belum lengkap atau terpenuhi.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Banten Gunawan Rusminto menuturkan, berkas pelantikan Ati yang terakhir kali diusulkan kembali ditolak oleh Kemendagri. Sebab, lampiran berkas berupa rekomendasi partai pengusung masih dari tingkat Kota Cilegon.

“Harusnya dari pusat ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekjen dengan mencantumkan dua orang nama (calon),” ujarnya, Ahad (23/6/2019).

Agar berkas tidak kembali ditolak Kemendagri, ia meminta Pemkot Cilegon melakukan berkas terlebih dahulu. Perbaikan berkas tidak harus melalui pemilihan ulang. Pemkot Cilegon hanya tinggal melengkapi rekomendasi partai pengusung dari tingkat pusat. “Sepanjang belum dipenuhi persyaratan tersebut, kita belum proses,” katanya.

Dia mengatakan, berkas usulan pelantikan Ati sebagai Wakil Wali Kota Cilegon harus segera diajukan agar yang bersangkutan bisa dilantik sebelum 18 bulan menjelang berakhir masa jabatan Wali Kota Cilegon. Sebab, jika lewat dari batas itu maka Ati tidak dapat dilantik sebagai Wakil Wali Kota Cilegon. “Sebelum masa jabatan berakhir ya harus diisi, sebelum tanggal itu enggak bisa,” ucapnya.

Ia menegaskan, pemprov tidak bermaksud memperlambat proses pengisian Wakil Wali Kota Cilegon yang sampai saat ini masih kosong. Apa yang dilakukan pemprov, sudah sesuai dengan aturan yang tertulis. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here