Persiapan Untuk Porprov Banten, PDBI Kota Cilegon Seleksi Atlet

CILEGON, (KB).- Walaupun perhelatan Pekan Olah raga Provinsi masih 1 tahun lagi, Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Cilegon sudah melakukan persiapan,diantaranya adalah seleksi atlet PDBI Kota Cilegon d isanggar budaya,Rabu (13/12/2017). Ketua Panitia Seleksi Dudi Adam kepada Kabar Banten menyatakan, dari 39 orang dibutuhkan 23 orang dan cadangan 7 orang.

“Tahapan proses seleksi khusus bagi atlet drum band adalah peserta harus bisa semua memainkan alat musik seperti brass, dan alat musik lainnya, itu persyaratan. Dalam seleksi atlet tersebut diikuti oleh 5 sekolah seingkat SMP/MTS maupun SMA/SMK,” katanya.

Dudi menjelaskan, selain menguasai alat tiup musik, peserta seleksi juga harus mempunyai stamina yang prima,karena itu seluruh peserta yang mengikuti seleksi diajak berlari keliling sejauh 1 km.Bahkan syarat utama adalah fisik dan stamina yang prima. “Pertama tes fisik dengan berlari,kemudian baru memainkan alat musik. Sebagus apapun dan semahir apapun kalau dalam tes fisik tidak lulus maka kami coret,karena kami mengutamakan fisik dan stamina,meihat selama ini atlet drum band membawa peralatan yang cukup berat,” ujarnya.

Seleksi ini, lanjut Dudi adalah untuk persiapan Porprov 2018 dimana PDBI ditargetkan meraih 7 Emas, 1 Perak , 5 Perunggu. Dan kategori dalam pertandingan Porprov ada 4 kelas yang terdiri dari 2 kelas Putra-Putri serta campuran dan 2 kelas lagi adalah grup. “Kelasnya adalah Enduro, Speed Mart,Loma Ketepatan Baris-Berbaris (LKBB) dan Unjuk Gelar. Keempat kelas itu dipertandingkan di Porprov V mendatang di Kab.Tangerang,” tuturnya.

Ketua PDBI Kota Cilegon Heny Anita Susila menyatakan, proses regenerasi atlet itu merupakan hal yang wajar,dimana usia atlet tidak selamanya emas, artinya pada usia tertentu atlet akan berprestasi dimana perlu disiapkan regenerasi atlet berikutnya. “Regenerasi atlet harus terus berjalan, dan ini adalah hal yang rutin,dimana calon atlet PDBI ini kelak akan mengganti para seniornya yang sudah tidak bisa lagi menjadi atlet karena faktor usia,”ucapnya.

Ia berharap,para peserta yang lulus seleksi dan menjadi atlet PDBI Kota Cilegon bersungguh-sungguh,karena sebagai atlet tentunya dituntut untuk memberikan hasil yang terbaik bagi daerah yang dibelanya. “Harapan kami sebagai pengurus PDBI,junior-junior ini mampu menggantikan peran senior dan sejumlah prestasi harus diraih.Kami optimis target dari KONI Cilegon akan dapat diraih asalkan program pembinaan berjalan dengan baik dan atlet bersungguh-sungguh sehingga sinergitas antara pengurus dan atlet bisa terjaga serta kompak,”ungkapnya. (HS)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here