Persiapan MTQ IX Kota Serang Capai 85 Persen

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX pada Senin hingga Rabu (18-20/2/2019) mendatang di Kecamatan Walantaka. Saat ini, persiapan gelaran tahunan tersebut mencapai 85 persen.

“Jadi, hasil rapat beberapa hari lalu menyatakan, bahwa semuanya sudah sekitar 85 persen kesiapan MTQ,” kata Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Serang Itang Yunaz, Kamis (7/2/2019).
Ia menjelaskan, kepanitiaan kegiatan tersebut, berasal dari masing-masing OPD dengan tugas pokok dan fungsi yang sudah ditentukan.

“Untuk kepanitiaan sudah dibentuk dan panitia berasal dari masing-masing OPD dan pemkot. Mulai dari wali kota dan wakil wali kota yang menjadi pembina MTQ, sekda sebagai penasihat, dan kepala OPD lainnya. Jadi, panitia itu sesungguhnya dari OPD dan pemerintahan,” ujarnya.

Ia menuturkan, peserta MTQ harus memiliki KTP Banten. Nantinya, peserta yang MTQ akan menjadi duta kafilah dari Kota Serang untuk mewakili Banten.

“Jadi, itu syarat wajibnya, adalah warga Serang atau memiliki KTP Banten. Karena, nanti kalau menang dalam lomba di tingkat kota, dia akan dilombakan lagi ke tingkat yang lebih tinggi, seperti tingkat provinsi. Para pemenang ini nantinya akan menjadi Duta Kafilah Kota Serang untuk mewakili Banten,” ucapnya.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, pengurus dan kepanitiaan MTQ baru akan ditentukan, karena masih menunggu kepulangan Asisten Daerah (Asda) II selaku Ketua Pelaksana MTQ dari Tanah Suci.

“Kami masih menunggu Asda II dulu pulang umrah. Hasil rapat kemarin itu baru akan menentukan pengurus atau panitia MTQ. Saat ini belum dibentuk. Insya Allah dalam waktu dekat ini kami akan bentuk terlebih dahulu pengurusnya, kemudian ditindaklanjuti untuk pelaksanaan MTQ,” tuturnya. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here