Persiapan LKPD, Irna Narulita Koordinasi ke BPK

PANDEGLANG, (KB).- Bupati Pandeglang Irna Narulita berkoordinasi dengan Badan Pemeriksaan Keuangan BPK RI Perwakilan Banten. Agenda koordinasi dan silaturahmi tersebut dalam rangka persiapan untuk menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Pandeglang.

“Sekitar 18 Maret mendatang LKPD sudah bisa kami serahkan, jadi ada waktu kurang lebih dua sampai tiga pekan ke depan. Kami akan segera lengkapi semua laporan yang akan disampaikan ke BPK RI,” kata Bupati Pandeglamg Irna Narulita seusai bertemu dengan Kepala BPK RI Perwakilan Banten Agus Khotib di kantornya Jl. Raya Palka, Senin (24/2/2020).

Irna tiba di kantor BPK didampingi Sekda Pandeglang Pery Hasanudin. Hadir dalam rombongan bupati Inspektur Inspektorat Olis Solihin, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Pandeglang Iskandar, Kepala Diskomsantik Girgijantoro dan Kepala BP2D Kabupaten Pandeglang Yahya Gunawan Kasbin.

Dalam kesempatan itu, Irna menyampaikan terima kasih atas supervisi yang diberikan BPK RI Perwakilan Banten. Sehingga, lanjut Irna, dapat mengetahui kekurangan yang harus diperbaiki.

“Dalam penyampaian laporan, kami harus benar dan layak sehingga diakui kebenarannya,” tuturnya.

Irna berharap dalam penyampaian LKPD tahun 2019, Pemkab Pandeglang harus dapat mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“WTP itu sebuah keharusan dan tanggung jawab kami untuk menyampaikan pertanggungjawaban kepada masyarakat atas uang yang dipergunakan. Kami butuh bimbingan dari BPK agar penyajian laporannya semakin akuntabel,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Banten Agus Khotib mengatakan, pemeriksaan pelaporan akan dikerjakan selama 60 hari.

“Jika 18 Maret LKPD sudah diserahkan ke BPK, maka paling lambat kami menyampaikan hasil pemeriksaan pada bulan Mei 2020,” ucapnya.

Ia berpesan dalam penyampaian pelaporan keuangan diharapkan melampirkan ikhtisar laporan keuangan Desa dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Hasilnya nanti, satu pekan sebelum hari raya akan kami serahkan kepada seluruh kabupaten/kota yang ada di Banten,” tuturnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here