Persiapan Festival Kaibon Sudah 80 Persen

SERANG, (KB).- Dinas Pariwisata dan Pemuda Olah Raga (Disparpora) Kota Serang sedang melakukan persiapan untuk Festival Kaibon yang akan dilaksanakan pada Kamis hingga Sabtu (7-9/3/2019).

“Berdasarkan hasil rapat kemarin, persiapannya sudah 80 persen. Tinggal finishing sedikit-sedikit saja, karena masih ada beberapa yang belum selesai,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Serang Edinata Sukarya.

Namun, pihaknya telah menyerahkan sepenuhnya kepada event organizer (EO) untuk pengerjaannya. “Tapi, kalau mau lebih jelasnya lagi, bisa hubungi EO langsung. Karena itu semuanya sudah kami percayakan ke EO,” ujarnya.

Ia menuturkan, Festival Kaibon sama seperti festival pada umumnya, misalnya menampilkan kesenian tari khas daerah, seperti rampak bedug dan ubrug. “Ada penampilan kesenian daerah khas Banten. Kalau untuk pesertanya itu dari komunitas-komunitas dan dari Disparpora juga,” ucapnya.

Tujuan dari kegiatan tersebut, untuk menggali potensi kesenian khas Banten pada zaman dulu, agar bisa dinikmati kembali oleh masyarakat sekarang. “Ini untuk mengembalikan kesenian daerah Banten yang saat ini mulai terkikis dan terlupakan,” tuturnya.

Karena, baru pertama kali event tersebut diadakan, pihaknya juga masih banyak persiapan yang harus disiapkan. Pada tahun sebelumnya, Festival Kaibon diadakan oleh Provinsi Banten dan pada tahun ini hingga tahun-tahun selanjutnya, kata dia, akan menjadi agenda rutin tahunan di Disparpora Kota Serang. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here