Persiapan APE 2020, OPD Pemkot Cilegon Diminta Siapkan Fasilitas Perempuan

CILEGON, (KB).- Organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon diminta untuk memperhatikan kepentingan dan fasilitas perempuan di setiap program dinas.

Hal tersebut dalam rangka pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG), untuk persiapan menuju Anugrah Parahita Ekapraya (APE) 2020, pertengahan tahun nanti.

OPD diminta komitmennya pada acara Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender, di salah satu hotel Kota Cilegon, Kamis (20/2/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon Heni Anita Susila mengatakan, OPD diminta untuk menyiapkan kebutuhan wanita, pada perencanaan anggaran program dinas.

“Misalnya Disperkim (Dinas Perumahan dan Permukiman) Kota Cilegon. Dinas ini kan punya program pembangunan alun-alun. Jadi, Disperkim harus menyiapkan anggaran untuk kebutuhan wanita, seperti toilet khusus wanita, musala dengan ruangan khusus wanita, dan lain-lain,” katanya seusai acara.

Menurut Heni, PUG pun menuntut OPD memerhatikan kebutuhan warga disabilitas dan ramah lansia. Tentunya, juga kebutuhan kaum laki-laki. “Program-program OPD pun harus ramah warga disabilitas dan lansia,” ujarnya.

Menurut Heni, PUG ini guna persiapan menuju APE 2020. APE merupakan penghargaan atas prakarsa dan prestasi yang dicapai sebuah daerah dengan menunjukan kondisi dan kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah.

“Agustus hingga Oktober nanti, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak akan melakukan penilaian PUG ke Kota Cilegon. Nantinya hasil penilaian terdiri dari empat kategori, apakah Kategori Pratama (pemula), Madya (pengembang), Utama (peletakan dasar dan keberlanjutan), atau Mentor,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Edi Ariadi meminta seluruh OPD mendukung penyediaan fasilitas umum. Ini guna mewujudkan kesetaraan gender di Cilegon.

“Nanti di masing-masing OPD harus mengalokasikan anggaran untuk kepentingan PUG,” ucapnya. (AH/HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here