Rabu, 26 September 2018

Perserang vs Persib, Ribuan Personel Keamanan Dikerahkan

SERANG, (KB).- Klub sepak bola Kabupaten Serang, Perserang, menjamu Persib Bandung di Stadion Maulana Yusuf Ciceri, Kota Serang, Kamis (1/3/2018) hari ini. Klub masyarakat Kabupaten Serang yang menjadi salah satu kebanggaan Banten itu, akan fokus pada tactical organization untuk menantang klub besar dan kebanggaan warga Jawa Barat itu.

Meski hanya bertajuk laga persahabatan atau laga pemanasan jelang berputarnya kompetisi Liga Indonesia, namun kedua tim dipastikan akan menunjukkan permainan yang sangat menghibur. Terlebih, Persib Bandung membawa seluruh punggawa utamanya pada laga persahabatan tersebut. Oleh karena itu, Perserang sebagai tuan rumah ingin menunjukkan permainan terbaiknya.

Pelatih Utama Perserang Zainal Abidin mengatakan, menghadapi Persib Bandung tentunya tidak akan mudah, karena merupakan tim Liga 1 yang berada satu kasta di atas Perserang. “Bermain lawan tim Persib Bandung tentunya tidak mudah, namun kami tetap berfokus pada tactical organization yang kami susun untuk berlaga di Liga 2 nanti. Taktik itu, yakni dalam hal kekompakan bertahan,” ujarnya kepada Kabar Banten, Rabu (28/2/2018).

Menghadapi Persib pada laga persahabatan tersebut, bagi Perserang akan menjadi ajang jajal kemampuan bagi punggawa Perserang dalam mengaplikasikan pola latihan dan instruksi pelatih. “Jadi melawan Persib, kami tidak memikirkan bagaimana cara bermain melawan Persib. Tapi kami sedang membangun bagaimana kami bermain menggunakan tactical organization. Tentunya Persib akan menjadi tim yang dapat memberikan pelajaran berharga buat kami nantinya, dalam mengarungi kompetisi Liga 2 Indonesia,” tuturnya.

Pembelajaran berharga

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap laga persahabatan Perserang melawan Persib Bandung menjadi pembelajaran yang berharga. Momen tersebut harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk Perserang, karena Persib Bandung merupakan salah satu klub sepak bola terbaik di Indonesia.

“Selain itu, untuk jajaran manajemen Perserang, juga bisa menimba ilmu dari Persib, khususnya dalam mengelola klub. Mulai dari mengelola pemain, hingga suporter. Apalagi, Persib sudah melakukan hal itu dengan baik oleh jajaran pengurus Persib,” tuturnya.

Puluhan Pemain Persib Bandung saat tiba di salah satu hotel di Kota Serang, Rabu (28/2/2018). Persib Bandung memboyong 20 pemainnya untuk melakoni pertandingan uji coba melawan Perserang, Kamis (1/3/2018) di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri Kota Serang.*

Perlu diketahui, pada laga persahabatan nanti, Persib membawa pemain terbaik mereka, di antaranya I Made Wirawan, Natshir Fadhil, Bojan Malisic, Hariono, Supardi, Dedi Kusnandar, Eka Ramdani, Atep, Oh Inkyun, hingga Febri Hariyadi.

Personel keamanan

Sementara itu, Ketua Perserang Pilar Saga Ichsan mengatakan, pihaknya menyiapkan sekitar 1.000 keamanan, yang terdiri dari pihak kepolisian, TNI, hingga Satpol PP. Selain itu, pihaknya pun telah mempersiapkan tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, PMI Kabupaten Serang dan PMI Banten.

“Kami sudah siapkan keamanan sedemikian rupa dalam menyambut tim Persib. Bahkan, kami sudah menyiapkan keamanan penjemputan dari Stasiun Gambir. Di hotel pun kami sudah siapkan keamanan dari Brimob sebanyak 25 personel. Hal itu sebagai bentuk kami ingin memastikan keamanan tim tamu Persib Bandung selama di Serang,” ucapnya.

Laga pertandingan persahabatan antara Perserang melawan Persib Bandung, juga mendapat atensi khusus Polres Serang Kota dan Polda Banten. Sebanyak 736 personel dikerahkan dalam rangka menjamin lancar pertandingan beda kasta tersebut. “Personel yang terjun langsung besok (hari ini) 736, kita cadangkan 200 personel apabila sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujar Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin.

Ia mengatakan, persiapan pengamanan pada laga tersebut telah dilakukan dengan dipimpin langsung oleh Karo Ops Polda Banten. Seluruh Polres yang masuk di wilayah hukum Polda Banten dilibatkan dalam membantu mengamankan jalur yang dilewati suporter dari Persib Bandung dan Perserang. “Besok penonton akan datang dari berbagai daerah, seluruh Polres samping seperti Tangerang, Kabupaten Serang, Cilegon, Pandeglang, Lebak juga dilibatkan (dalam pengamanan),” kata Kapolres.

Ia menegaskan, oknum suporter yang melakukan penyerangan terhadap tim dari Persib Bandung atau Perserang akan ditindak tegas. Seluruh petugas telah diarahkan untuk menjamin keamanan terhadap tim terutama dari Persib Bandung yang mempunyai sejarah buruk dengan salah satu supporter yang ada di Banten.

“Yang melakukan tindakan diluar sewajarnya akan kami awasi dan kami tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas bagi siapapun yang mencoba membuat kekacauan pada agenda pertandingan besok baik di dalam stadion atau di luar stadion,” tutur Kapolres.
D

alam pemetaan pengamanan pada pertandingan tersebut, akan dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Kedua suporter akan dipisah dari dalam stadion dalam mencegah gesekan, sedangkan untuk jalur yang dilewati suporter dilakukan pengaturan lalu lintas berupa pemecahan arus dan penutupan akses jalan. “Kita akan terapkan beberapa kemungkinan yang akan terjadi besok termasuk gangguan jalan,” kata Kapolres.

Khusus untuk pengamanan di luar stadion, ada tim yang mobile menggunakan sepeda motor. Tim tersebut berasal dari petugas Satbrimobda Polda Banten. “Ada tiga tim sepeda motor dari petugas gabungan dari Brimob dan tim khusus yang berada di luar stadion mereka yang memantau aktivitas di luar lapangan kalau ada gesekan bisa langsung diambil tindakan tegas,” ucap Kapolres.

Untuk pengaturan kendaraan, lanjut Kapolres, telah disiapkan kantong-kantor parkir agar kedatangan kendaraan bisa tersusun rapi dan tidak menimbulkan kesemrawutan. “Kendaraan yang masuk menuju arah stadion akan diarahkan di posisi yang sudah kami tentukan,” tutur Kapolres. (YA/FI)***


Sekilas Info

Ditaklukkan PSPS Pekanbaru, Perserang Terlempar dari Empat Besar Liga 2 Indonesia Zona Barat

PEKANBARU, (KB).- Klub sepak bola asal Kabupaten Serang Perserang, memperpanjang rekor buruk di laga tandang mereka. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *