Persaudaraan Setia Hati Terate Jaring Pesilat Terbaik

SERANG, (KB).- Peguron Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati menggelar kejuaraan silat tingkat pelajar, yang bertajuk Kejuaraan Pencak Silat Pelajar Persaudaraan Setia Hati Terate Cup ke-1 2017 Cabang Serang, Ahad (27/8/2017). Ajang tersebut diselenggarakan untuk menjaring pesilat terbaik dan potensial, yang nantinya akan diterjunkan ke beberapa event pada tingkat yang lebih tinggi.

Ketua Penyelenggara PSHT Cup ke-1 Slamet Rahmadi mengatakan, kejuaraan tersebut diselenggarakan untuk menyeleksi pesilat terbaik, yang nantinya disaring untuk berlaga pada ajang yang lebih tinggi. Alasannya, mereka akan mempersiapkan pesilat untuk diterjunkan ke beberapa event olah raga, seperti Porkab, Porkot, hingga Porprov Banten. “Mudah-mudahan dengan kejuaraan ini nanti akan terjaring pesilat terbaik dari cabang Serang, untuk berlaga pada event olah raga yang lebih tinggi lagi.

Nanti ini jenjang kompetisinya seperti Porkab, Porkot, hingga ke Porprov atau ke yang lainnya, semisal Kejurda,” ujarnya kepada Kabar Banten saat ditemui di sela-sela kompetisi. Ia mengatakan, nantinya bagi peserta yang menjadi juara dan runner-up di masing-masing kelas, akan masuk pada Pemusatan Latihan untuk menambah kualitas bertanding pesilat. Dengan begitu, kualitas mereka akan lebih baik ketika nanti diterjunkan pada ajang yang lebih tinggi.

“Mereka nanti yang juara akan kami saring, yakni mereka yang menjadi juara dan peringkat kedua di masing-masing kelas. Nanti mereka akan dipusatkan latihannya, disini juga pemusatannya,” katanya.
Menurut dia, kualitas pesilat yang mengikuti kejuaraan tersebut sudah bagus. Oleh karena itu, ia optimistis pesilat dari Perguruan Setia Hati Terate akan mampu bersaing di tingkat kabupaten/kota. Bahkan, bisa bersaing dengan pesilat lain pada ajang setingkat Provinsi Banten. “Ini memang ajang yang pertama kali kami gelar untuk cabang Serang.

Akan tetapi, ke depannya akan secara rutin kami laksanakan, untuk memantau kualitas pesilat sekaligus menjaring pesilat terbaik. Bahkan, kami juga akan menambah peserta dari Cabang Tangerang dan Cilegon. Saat ini kan hanya cabang Serang, yang terdiri dari Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kabupaten Pandeglang,” ucapnya. Ia mengatakan, antusias peserta untuk mengikuti kejuaraan tersebut cukup tinggi, dibuktikan dengan ikutsertanya 150 pesilat pada ajang tersebut. Oleh karena itu, ia optimistis pada event selanjutnya peserta akan semakin banyak, dengan hadirnya cabang Tangerang dan cabang Cilegon. “Kami mempertandingkan sebanyak 48 kelas, yang terdiri dari tarung dan seni,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banten Ajat Sudrajat mengapresiasi kejuaraan tersebut, karena dengan adanya kompetisi akan mengasah kemampuan pesilat Banten. Apalagi, ajang tersebut untuk tingkat pelajar, sehingga dapat menambah jam terbang bagi pesilat muda di Banten. “Event ini sangat bagus untuk mencetak pesilat andal yang ada di Banten. Saya harap event seperti ini dapat terus dikembangkan dan diikuti oleh peguron lain di Banten,” tuturnya. (H-43)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here