Rabu, 26 September 2018
PENGURUS Pengprov PCI Banten berfoto bersama usai pelantikan.*

Persatuan Cricket Indonesia Banten Dikukuhkan

TANGERANG, (KB).- Pengprov Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Banten segera bergerak cepat untuk menjaring atlet terbaik yang ada di Banten. Hal tersebut dilakukan setelah mereka secara resmi dikukuhkan oleh Pengurus Pusat (PP) PCI, Azis Syamsudin, di Kabupaten Tangerang.

Penjabat Bupati Tangerang Komarudin ditunjuk menjadi Ketua Umum Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Provinsi Banten. Ia berkomitmen memopulerkan olah raga khas negara-negara persemakmuran tersebut.

“Ini amanah yang cukup berat namun saya akan jalankan dengan sebaik mungkin. Langkah awal, kami akan kenalkan cricket ke masyarakat Banten agar mereka tahu dan cinta cricket. Saya utamakan sosialisasi ke sekolah-sekolah agar tumbuh bibit atlet andal,” ujar Komar, sapaan akrab Komarudin.

Sebagai bentuk nyata sosialisasi, tambah Komarudin, pihaknya merencanakan untuk menggelar kompetisi secara rutin. Baik dalam bentuk liga maupun turnamen cricket, terutama di usia dini. “Komitmen saya untuk criket dalam satu periode pengurusan Pengprov PCI Banten akan lahir pemain timnas cricket dari Banten. Maka pembinaan usia dini dan kompetisi menjadi syarat mutlak untuk dilakukan,” ucap Komar.

Keyakinan melahirkan atlet nasional, menurut Komarudin, karena Provinsi Banten sangat potensial lahir atlet cricket. Di Banten saat ini banyak lapangan yang bisa digunakan untuk berolah raga cricket.

“Seperti di Kabupaten Tangerang saat ini telah dibangun 29 stadion mini di tiap kecamatan, akan kita akan dorong di tiap daerah memanfaatkan stadion yang ada. Karena kita tahu di cricket tidak ada dimensi lapangan yang ditetapkan, yang penting luasnya memenuhi syarat,” tutur pria yang juga menjabat Kepala BKD Banten ini.

Pada sambutan pelantikan, Azis Syamsudin berterima kasih kepada Komarudin yang bersedia menjadi pucuk pimpinan PCI di Banten. “Rasa salut dan bangga untuk Bapak Komarudin yang berkomitmen memajukan cricket di Banten. Meski beliau sibuk di pemerintahan daerah, tapi mau mendarmabaktikan untuk olah raga ini,” katanya.

Ke depan, tambah dia, ajang pencarian talenta melalui turnamen cricket harus rutin dilakukan. “Meski cricket tidak dimainkan di Asian Games 2018, tapi masih ada Piala Dunia Cricket dan Sea Games. Saat ini kita di peringkat 33 dunia, naik dari sebelumnya posisi 157. Target kita masuk jajaran elite dunia,” ucap Anggota DPR RI Komisi III ini.

Saat ini, menurut Azis, pusat latihan cricket sedang dibangun di kawasan Sentul, Bogor. Dirinya optimistis di Banten akan ada lapangan cricket berikutnya. “Mendengar Pak Komar akan mencarikan lahan untuk cricket di Banten, tentu saya juga akan dorong lapangan cricket bertaraf internasional hadir di Banten,” kata Azis. Selain pelantikan, digelar juga Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang membahas 14 program kerja dan langkah strategis PCI periode 2018-2022. (YA)*


Sekilas Info

O2SN Sekolah Dasar, Banten Juara Satu Cabor Karate

SERANG, (KB).- Prestasi gemilang ditorehkan oleh delegasi Banten dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *