Perolehan Suara Sementara Pileg 2019, PDIP Terancam Kehilangan Dua Kursi di DPRD Banten

SERANG, (KB).- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terancam kehilangan dua kursi di DPRD Banten, menyusul perolehan suara sementara Pileg 2019 di dua daerah pemilihan (dapil) berada di posisi rawan. Selain di daerah pemilihan (dapil) 1 yang meliputi Kota Cilegon, partai politik yang kini memegang pimpinan dewan tersebut berpotensi kehilangan kursi dari dapil Banten 1 yang meliputi Kota Serang.

Berdasarkan hasil hitung suara KPU untuk Pemilihan Legislatif tingkat DPRD Provinsi Banten hingga Jumat (26/4/2019) sekitar pukul 21.00 WIB, perolehan suara PDIP di Kota Serang berada di urutan terakhir atau posisi rawan.

Di urutan pertama, memimpin Partai Golkar dengan 3.775 suara, disusul Partai Gerindra dengan 3.737 suara di urutan kedua, PPP dengan 3.008 di urutan ketiga, Nasdem dengan 2.444 di urutan keempat, dan PDIP dengan 2.356 di urutan kelima atau berjarak cukup tipis dengan PKS yang terus mengejar dengan 2.113 suara.

Posisi PDIP di Kota Cilegon bahkan lebih buruk dibandingkan di Kota Serang, dengan berada berada di urutan kelima atau terlempar dari 3 besar yang menjadi alokasi kursi di dapil tersebut.

Sementara, posisi tiga teratas diduduki Partai Gerindra dengan 2.777 suara di urutan pertama, PAN 1.572 suara di urutan kedua, dan PKS 1.403 suara di urutan ketiga. Sedangkan di bawahnya, menempel Partai Demokrat 1.111 suara atau berjarak cukup jauh dengan PDIP yang baru meraih 626 suara.

Baru dua kecamatan

Sementara itu, pleno penghitungan surat suara di tingkat Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) baru rampung di dua kecamatan yakni PPK Cibeber dan Cilegon. Dari penghitungan suara hasil pleno dua kecamatan itu, perolehan suara DPRD tingkat Kota Cilegon di dua kecamatan yang masuk dapil 1 itu didominasi Partai Golkar dengan 10.373 raihan suara, disusul Berkarya 7.236, PKS 7.147, Gerindra 6.869, PAN 6.236 suara.

Sedangkan di Dapil 2 yang meliputi Citangkil dan Ciwandan, Partai Golkar juga masih menguasai dengan perolehan suara mencapai 16.738. Disusul PAN dengan raihan 15.579, kemudian Gerindra 12.371 suara, PKS 8.745, Berkarya 4.377 suara. Namun, sejumlah partai terkesan tidak mau berspekulasi siapa nama-nama yang memperoleh suara terbanyak atau akan duduk di kursi DPRD Cilegon 2019-2024.

Ketua DPW Berkarya Banten Helldy Agustian mengatakan, untuk tingkat kota diserahkan kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang tugasnya hanya melakukan monitoring dan melakukan input data serta menerima pelaporan dari tingkat bawah.

“Yang pertama Partai Berkarya syukur alhamdulillah meraih 4 kursi di Kota Cilegon. Capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh tim, kader, relawan serta sayap partai yang berusaha ingin mendapatkan yang terbaik,” katanya kepada Kabar Banten, Jumat (26/4/2019).

Meski berstatus partai baru, namun ia bersyukur mendapat simpatik dari masyarakat Banten, khususnya Cilegon. Partai Berkarya, kata dia, berusaha memberikan solusi untuk memperjuangkan perubahan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Visi dan misi Partai Berkarya adalah menjaga keutuhan NKRI, mewujudkan pemerintahan yang bersih dan beribawa, memerangi dan membasmi korupsi, menegakkan supremasi hukum dan HAM, membangun karakter bangsa, mencerdaskan kehidupan, melahirkan pemimpin yang jujur. Mungkin itu yang membuat masyarakat tertarik dan bersedia menentukan pilihan kepada kami,” ujarnya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here