Perolehan Suara Parpol Pemilu 2019: Hasil Hitung KPU, Dapil Banten I dan II Ketat

SERANG, (KB).- Dari tiga daerah pemilihan (dapil) di Banten, persaingan parpol dalam kursi DPR RI yang cukup ketat terjadi di dapil Banten I dan II. Dari alokasi enam kursi di masing-masing dapil tersebut, terdapat delapan partai politik (parpol) berpeluang meraih jatah ke Senayan.

Berdasarkan pantauan Kabar Banten dari tabulasi perolehan parpol di website KPU, Jumat (19/4/2019) sekitar pukul 21.00, data yang masuk baru sekitar 11.938 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 813.350 TPS.

Di Dapil Banten I yang meliputi Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, Partai Gerindra berada di posisi teratas cukup mendominasi. Di bawahnya, Partai Demokrat, PKS suara, Golkar, Nasdem, PKB, dan PPP. Persaingan cukup ketat terjadi di Dapil Banten II yang meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.

Di dapil Banten II, Partai Gerindra mendominasi perolehan suara atau terpaut jauh dari parpol di bawahnya. Sedikitnya ada tiga di bawah Gerindra, terdapat tiga parpol dengan perolehan suara cukup rapat yakni PKS, PDIP, Demokrat, Golkar suara, dan PAN suara. Di bawahnya, persaingan ketat juga melibatkan tiga partai politik lainnya yakni PKB, PPP, dan Nasdem.

Sementara di dapil Banten III yang meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel, perebutan 10 kursi senayan menghadirkan kejutan dengan masuknya PSI di lima besar. Di dapil ini, PDIP yang berada posisi teratas mendominasi, dengan jarak yang cukup jauh dari parpol lainnya. Di bawah PDIP, terdapat PKS, Gerindra, Golkar, PSI, Demokrat, PKB, PAN, Nasdem, dan PPP.

Komisioner KPU Banten Eka Setialaksmana mengatakan, hasil hitung suara KPU tersebut masih sementara berdasarkan C1 yang masuk. Data CI dari PPK dihitung dan diverifikasi, sebelum discan untuk dimasukkan dalam tabulasi KPU.

“Itu hanya suara partai. Prosesnya dari PPK kemudian dihitung, lalu diverifikasi. Angka yang muncul itu berdasarkan C1, yang nantinya akan discan di dalam tabulasi situng KPU,” tutur Eka Satyalaksamana. (SJ)*

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here