Permudah Pelayanan Haji dan Umrah, Kemenag Lebak Jemput Bola

LEBAK, (KB).- Kantor Kementerian agama (Kemenag) Lebak melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) melaksanakan konsolidasi dan koordinasi terkait persyaratan haji ke masing-masing zona di wilayah Lebak, Sabtu (19/10/2019). Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan haji dan umrah, agar lebih mudah, cepat dan efisien.

Kepala seksi PHU Kemenag Lebak Humaedi Hakim mengatakan, konsolidasi dan koordinasi ke tiap zona dilakukan sebagai upaya pihaknya meningkatkan pelayanan. Salah satunya pembuatan paspor sebagai syarat penting dalam pelaksanaan haji dan umrah.

“Intinya kita bergerak cepat, untuk mempercepat jemaah calon haji tahun 2020 agar bisa segera memiliki paspor haji. Karena, paspor salah satu syarat jemaah haji berangkat,” kata Humaedi Hakim, Sabtu (19/10/2019).

Menurut dia, konsolidasi dan koordinasi perlu dilakukan untuk memastikan kesiapan syarat para jemaah calon haji dan umrah. Selain itu, ini sekaligus sosialisasi agar para calon jemaah memahami apa saja syarat yang perlu disiapkan.

“Kebanyakan para calon jemaah itu menyampaikan pembuatan paspor yang jaraknya cukup jauh. Karena, selama ini mereka harus mengurus ke kantor Imigrasi Serang. Sehingga, kita berikan solusi agar pembuatan paspor di jadwal per hari 20 hingga 40 orang,” katanya.

Meski demikian, kata dia, proses pendaftaran haji dan umrah di Lebak berjalan lancar. Karena memang, pihaknya juga menerapkan sistem jemput bola agar pelayanan lebih cepat, praktis dan efisien. Kegiatan ini juga sekaligus verifikasi data jemaah calon haji dan umrah.

“Untuk mempermudah dan tidak terjadi kesalahan data, makanya kita lakukan konsolidasi dan koordinasi ke tiap zona. Terlebih soal paspor, karena dari pengalaman kalau di Imigrasi data itu salah pasti harus diperbaiki,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sampai saat ini daftar tunggu jemaah haji dari tahun 2012 sampai dengan 2019 hampir 17.000. Pihaknya hingga saat ini terus melakukan verifikasi data tersebut agar tidak terjadi kesalahan. “Kita akan terus lakukan jemput bola ketiap zona melakukan konsolidasi dan koordinasi,” tuturnya. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here