Perkuat UMKM di Kota Serang, Diskominfo Siapkan Mesin Pencari Khusus

SERANG, (KB).- Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Serang menyiapkan mesin pencari (search engine) khusus, yang diperuntukkan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Serang. Hal tersebut untuk memperkuat UMKM di Kota Serang menghadapi era 4.0.

Kepala Diskominfo Kota Serang Hari W Pamungkas mengatakan, pihaknya saat ini sedang mengumpulkan database pelaku industri kreatif. Kemudian, dalam waktu dekat akan segera diluncurkan aplikasi mesin pencari khusus bagi UMKM.

“Search engine itu nantinya akan dinamakan ‘Gelati’ di mana di dalamnya akan terdapat database yang disiapkan oleh pelaku UMKM menyongsong industri kreatif,” katanya kepada wartawan, Selasa (29/10/2019).

Ia menuturkan, dalam pembuatan search engine tersebut, pihaknya berkolaborasi dengan rekan-rekan forum kewirausahaan pemuda yang ada di Kota Serang. “Search engine Gelati akan diluncurkan pada bulan November mendatang,” ucapnya.

Dalam mesin pencari Google khusus tersebut, akan menyediakan informasi UMKM di Kota Serang. Bahkan, melalui Gelati, bisa langsung memedan dan melakukan transaksi jual-beli. “Misalnya orang mau belanja sate bandeng orang bisa pesan di Gelati itu, kemudian bisa melakukan transaksi pembayaran,” tuturnya.

Gelati sendiri, ujar dia, diambil dari bahasa Jawa Serang yang bermakna mencari. Selain mengangkat kearifan lokal, diharapkan masyarakat Kota Serang terbiasa dengan mesin pencari tersebut. “Kami namakan ini Gelati, sebab ingin mengangkat kearifan lokal di Banten dengan menggunakan bahasa Jawa Serang,” katanya. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here