Perkuat Komitmen Bersama, Pejabat dan Pegawai BKKBN Banten Teken Pakta Integritas

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten Drs Aan Jumhana, disaksikan jajaran pejabat BKKBN Banten menandatangani Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja tahun 2020, di Halaman Kantor Perwakilan BKKBN Banten, Senin (20/1/2020).*

SERANG, (KB).- Untuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta mempelancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabel termasuk untuk mewujudkan pribadi yang bertanggung jawab dan bermartabat, Perwakilan BKKBN Provinsi Banten melakukan “Penandatanganan Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas bagi Pegawai Perwakilan BKKBN Provinsi Banten tahun 2020”, di halaman Kantor BKKBN Provinsi Banten, Senin (20/1/2020).

Penandatanganan Pakta Integritas tersebut dipimpin Kepala Pewakilan BKKBN Provinsi Banten Drs Aan Jumhana dan diikuti seluruh pejabat serta pegawai di Perwakilan BKKBN Provinsi Banten. Sedangkan, Perjanjian Kinerja ditandatangani Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di antaranya Plt. Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Ubang Sobari, Kasubbid Kerjasama Pendidikan Kependudukan Ruli M. Noer, Kepala Bidang Keluarga Berencana Kesehatan Reproduksi Nurizky Permanajati, Kasubbid Bina Kesertaan KB Jalur Pemerintah dan Jalur Swasta dr. Dian Rosyainingsih, Kepala Bidang Keluarga Sejahtera  dan Pemberdayaan Keluarga Napis MM, Kasubbid Bina Keluarga Balita, Anak, dan Ketahanan Keluarga Lansia Jhon Bahtiar Rivai.

Kemudian, Plt. Kepala Bidang ADPIN Pemerintah dan Jalur Swasta Budi Utomo, Kasubbid Hubungan Antar Lembaga dan Bina Lini Lapangan Yuda Ganda Putra, Plh. Sekretaris Dede Mulyasih, Kasubbag Administrasi dan Pengawasan Kreshna Adikusumah, dan Kasubbid Penyelenggaraan dan Evaluasi Nurhayati. Selanjutnya diikuti oleh pejabat administrasi dan pengawas secara keseluruhan.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan Surat Keputusan Agent of Change  kepada 6 orang  ASN BKKBN Provinsi Banten di antaranya Plt. Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Ubang Sobari, Kasubbag Perencanaan Indah Susanti, Kasubbid Hubungan Antar Lembaga dan Bina Lini Lapangan Yuda Ganda Putra, Kasubbag Administrasi dan Pengawasan Kreshna Adikusumah, Widyaiswara Ahli Pertama Aulia Rahman, dan Kasubbid Bina Kesertaan KB Jalur Pemerintah dan Jalur Swasta dr. Dian Rosyainingsih.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Aan Jumhana menyampaikan bahwa dengan penandatanganan kontrak kinerja dan pakta integritas tersebut diharapkan seluruh pejabat administrator, pejabat pengawas, staf, dan petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) punya indikator-indikator kinerja individu yang harus diselesaikan selama 1 tahun anggaran (2020).

“Jadi, ukurannya jelas, apa yang mau dilakukan juga jelas, dan punya perencanaan yang jelas. Nanti pada prosesnya akan kita evaluasi. Baik itu evaluasi bulanan melalui rapat penilaian program, evaluasi triwulanan mau pun evaluasi persemester,” ujar Aan.

Ia menegaskan bahwa penandatanganan pakta integritas dan kontrak kinerja tersebut harus diikuti juga dengan komitmen individu bagaimana melakukan kinerja-kinerja organisasi dengan kewajiban-kewajiban memberikan layanan yang prima kepada masyarakat dengan niat untuk tidak melakukan hal-hal yang tercela. Seperti mengarah kepada hal-hal yang sifatnya korupsi atau hal lain yang diluar aturan.

“Kita ingin organisasi juga punya target. Sekarang kita mulai Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di lingkungan intern Perwakilan BKKBN Provinsi Banten. Itu jadi bagian untuk mengikat komitmen bagaimana memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, bagaimana masyarakat itu menerima layanan BKKBN secara puas dan masyarakat merasakan manfaatnya secara langsung,” ujar Aan.

Ia menambahkan, penandatanganan pakta integritas tersebut merupakan komitmen individu untuk bagaimana mengamankan tugas-tugas organisasi, mengamankan diri sendiri sebagai aparat pemerintah dan sebagai pelayanan publik.  

“Mudah-mudahan ini bisa dikawal dengan komitmen bersama ASN dibawah pengendalian Perwakilan BKKBN Provinsi Banten. Semua harus melakukan itu,” pungkas Aan. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here